Share

Mengapa Honda Indonesia Belum Ekspor Mobil?

Septian Pamungkas, Jurnalis · Jum'at 30 Januari 2015 05:49 WIB
https: img.okezone.com content 2015 01 29 15 1098968 mengapa-honda-indonesia-belum-ekspor-mobil-2BB8KQBTPc.jpg Honda belum bisa mengekspor mobil sebelum penjualannya mencapai 300 ribu unit per tahun (Foto: Koran Sindo)

PROBOLINGGO - Produsen mobil atau pemegang merek brand mobil Toyota, Daihatsu, dan Suzuki, sudah mengekspor mobil dari Indonesia ke puluhan negara, namun Honda yang juga masuk top 5 brand dalam penjualan di Indonesia belum melakukan ekspor.

Padahal penjualan mobil Honda di Indonesia meningkat signifikan selama 2014. Beberapa model laris tersebut juga diproduksi di dalam negeri, seperti Brio, Mobilio, Jazz, Freed, Mobilio, dan HR-V.

Pada tahun lalu, HPM berhasil menjual 159.147 unit atau naik 74 persen dibanding penjualan 2013 yang hanya 91.493 unit.

Apa alasannya Honda belum mengekspor mobil ke luar negeri?

Marketing and Aftersales Service Director HPM, Jonfis Fandy, mengatakan, sampai saat ini belum ada rencana pihaknya untuk mengekspor kendaraan. Ada ketentuan yang ditetapkan prinsipal di Jepang kepada sebuah negara untuk bisa melakukan ekspor.

"Sebelum lokal market terpenuhi, kami belum akan ekspor. Ada ketentuannya dari prinsipial untuk bisa ekspor salah satunya penjualan di pasar domestik harus sampai 300 ribu per tahun," jelasnya.

Ia yakin jika pasar di Indonesia terberkembang dan penjualan mobil Honda meningkat maka mimpi untuk melakukan ekspor dapat tercapai. "Bisa saja dua atau tiga tahun lagi tercapai,” pungkasnya.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini