MoU Proton- ACL, Menperin: Tidak Ada Pelibatan Pemerintah

Koran SINDO, Jurnalis · Minggu 08 Februari 2015 11:28 WIB
https: img.okezone.com content 2015 02 08 15 1102981 mou-proton-acl-menperin-tidak-ada-pelibatan-pemerintah-zXEufzPAhq.jpg Menperin Saleh Husin menegaskan tidak ada keterlibatan pemerintah dalam MoU Proton-ACL (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin membantah bahwa nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani antara PT Adiperkasa Citra Lestari (ACL) dan Proton Holdings Bhd merupakan proyek pengembangan mobil nasional (mobnas).

Menurut Saleh, MoU itu lebih ditujukan membuat studi kelayakan untuk jangka waktu enam bulan. "Enggak tahu itu siapa yang bikin isu mobnas?" ujarnya seperti dikutip dari Koran Sindo, Minggu (8/2/2015).

Menurut dia, MoU tersebut murni kesepakatan dua perusahaan alias business to business (B2B). Hanya saja, penandatanganan kesepakatannya kebetulan disaksikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sedang melakukan kunjungan kerja ke Malaysia. Saleh sendiri tidak ikut serta dalam lawatan presiden yang didampingi sejumlah menteri itu.

"(Saya tidak ikut) Itu tandanya enggak ada pelibatan pemerintah (dalam MoU itu)," ucapnya.

Saleh juga menjamin tidak ada keterlibatan BUMN atau pun penggunaan APBN dalam kesepakatan tersebut. Pihak Adiperkasa pun hingga kini belum pernah mendiskusikan dengan Kemenperin.

"Enggak kita bicarakan atau dirapatkan," ucapnya.

Seperti diketahui, Proton meneken MoU dengan PT ACL yang digawangi HM Hendropriyono pada Jumat 6 Februari 2015. Penandatanganan tersebut disaksikan oleh duta besar kedua negara serta dihadiri Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Najib Razak. Kedua kepala negara tersebut juga membicarakan proyek Mobil ASEAN.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini