nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Mudah Kenali Ban Rekondisi

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Jum'at 13 Maret 2015 08:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 03 12 15 1117747 cara-mudah-kenali-ban-rekondisi-ksD7MAmPE9.jpg Cara Mudah Kenali Ban Rekondisi (Foto: Carmudi)

JAKARTA - Ban rekondisi atau dikenal dengan vulkanisir merupakan ban yang sudah gundul namun diperbaiki kembali sehingga tampak seperti baru. Tidak sedikit pemilik kendaraan memilih menggunakan ban rekondisi, selain mudah mendapatkannya harganya pun terbilang sangat terjangkau.

Bila Anda tidak mau ikut-ikutan membeli ban rekondisi dan tidak mau tertipu, ada baiknya mengetahui ciri-ciri ban yang sudah direkondisi agar tidak rugi.

Dwi Triono, Manager Technical Service PT Gajah Tunggal Tbk, produsen ban GT Radial dan IRC, memberikan tips cara mengenali ban rekondisi. Berikut caranya.

1. TWI (tread wear indicator), setiap ban punya indikator keausan atau TWI yang ditandai dengan adanya kode logo segitiga di pinggir dekat tapak ban. Biasanya ada total enam logo segitiga. Logo tersebut mengarahkan sekaligus menunjukkan ke sebuah tonjolan di antara alur ban. Bila tonjolan tersebut sudah sejajar dengan alur ban maka dapat dipastikan ban itu sudah aus.

2. Kembangan baru. Biasanya pelaku rekondisi ban membuat kembangan baru dengan cara diukir. Akibatnya tonjolan yang berada di antara kembangan ban akan tergerus dan hilang. Jika membeli ban, perhatikan bagian tersebut. Bila tidak ada bisa ditebak ban itu sudah direkondisi.

Ban rekondisi memang tidak menguras isi kantong, tapi bila digunakan sangat berbahaya karena sewaktu-waktu bisa meledak.

"Bahaya, karena di ban disediakan sisa ketinggian (batas keausan) supaya tidak langsung kena bagian dalam ban. Bila ban rekondisi digunakan bisa meletus," pungkasnya.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini