nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2.000 Pengemudi Gabung ke GrabTaxi

Anton Suhartono, Jurnalis · Sabtu 14 Maret 2015 06:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 03 13 15 1118233 2-000-pengemudi-gabung-ke-grabtaxi-Q2MCRzjffM.jpg Pengemudi taksi yang sudah bergabung dengan GrabTaxi capai 2.000 lebih di Jabodetabek dan Padang (GrabTaxi)

JAKARTA - Aplikasi pemesanan taksi secara online, GrabTaxi, hadir di Indonesia sejak 2014. Saat ini sudah lebih dari 2.000 pengemudi taksi bergabung dengan GrabTaxi. Mereka berasal dari beberapa operator taksi di wilayah Jabodetabek dan Kota Padang, Sumatera Barat.

"Ada ribuan pengemudi taksi yang bergabung ke GrabTaxi, di atas 2.000-an di Jabodetabek. Kalau di Padang, karena baru 2 Maret diluncurkan, jadi jumlahnya belum begitu banyak,” terang Kiki Rizki, Head of Marketing GrabTaxi.

Ia menambahkan, setiap bulan penambahan jumlah pengemudi taksi yang bergabung cukup tinggi.

Saat disinggung apakah ada kerjasama secara khusus dengan operator taksi, Kiki mengungkapkan sejauh ini pihaknya hanya memberitahukan ke operator bahwa pengemudinya ikut di aplikasi pemesanan GrabTaxi.

"Kalau ke operator kami kulonuwun. Selebihnya kami berurusan secara pribadi dengan pengemudi taksi. Ini tentunya sangat menguntungkan karena membantu mereka dalam mencari penumpang,” terangnya.

Sementara saat ditanya jumlah pengunduh aplikasi GrabTaxi, Kiki menyebutkan peningkatannya tumbuh signifikan. "Setiap bulan itu bisa meningkat tiga digit," tuturnya.

Ia yakin layanan ini akan terus tumbuh sesuai kebutuhan alat transportasi yang aman dengan semakin maraknya penggunaan teknologi telekomunikasi, terutama smartphone.

Selain itu, layanan pemesanan taksi online ini bisa mengubah paradigma orang mengenai cara memesan taksi.

"Kalau biasanya kan kita keluar rumah terus mencegat di jalan. Sekarang tinggal main tangan saja pesan lewat aplikasi smartphone,” tuturnya.

Memesan taksi melalui GrabTaxi bisa dilakukan dengan mengunduh terlebih dahulu di layanan smartphone. Dari situ, pengguna aplikasi bisa melakukan pemesanan.

Sistem akan menentukan pengemudi anggota GrabTaxi yang posisinya paling dekat dengan pemesan. Sekalipun ada beberapa taksi yang jaraknya dekat dengan pemesan, sistem hanya memilih satu. 

Pengemudi taksi yang juga sudah dibekali dengan smartphone bisa langsung merespons panggilan konsumen tersebut untuk mengantarkan ke tujuan.

Mengenai keamanan, pengemudi taksi sudah melalui beberapa tahapan seleksi sehingga GrabTaxi menjamin keamanan penumpang. Kemudian dengan sistem GPS, jalur taksi bisa terus terpantau. 

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini