Hair Dryer Bisa Hilangkan Penyok di Bumper Mobil

Pius Mali, Jurnalis · Minggu 15 Maret 2015 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 14 15 1118697 hair-dryer-bisa-hilangkan-penyok-di-bumper-mobil-HDq8heu2aU.jpg Hair Dryer Hilangkan Penyok di Bumper Mobil (Foto: Autoevolution)

TOKYO - Bagian bodi mobil yang terbuat dari bahan plastik seperti bumper rentan mengalami kerusakan (penyok) saat terjadi tabrakan atau benturan. Namun, tak perlu terburu-buru untuk membawanya ke bengkel langganan, kini perbaikan bisa dilakukan secara mandiri dengan menggunakan alat pengering rambut.

Hair Dryer dulu memang hanya digunakan di salon atau di rumah untuk mengeringkan dan menata rambut sesuai model yang dinginkan. Namun, kini alat yang dapat menghasilkan udara panas tersebut bisa digunakan untuk memperbaiki bodi mobil yang penyok akibat benturan.

Seperti dikutip dari Autoevolution, Sabtu (14/3/2015) bumper mobil yang penyok bisa kembali kebentuk semula setelah dipanaskan dengan alat pengering rambut tersebut. Percobaan pertama kali dilakukan pada Toyota Prius.

Bagian bumper depan mobil hybrid ini kembali rata, setelah dilakukan perbaikan oleh dua orang mekanik menggunakan alat bantu dengan hair dryer. Seorang mekanik memanaskan bagian luar bumper yang terbuat dari bahan plastik campuran, sementara seorang lagi menekan dengan kuat dari bagian dalam bumper yang sudah panas tadi sehingga bisa kembali kebentuk aslinya.

Walaupun butuh waktu yang agak lama dan tenaga yang kuat, namun perbaikan dengan cara ini diyakini sebagai salah satu solusi untuk menghemat biaya servis di bengkel profesional yang harganya kian melambung tinggi.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini