Filosofi Logo Mobil-Mobil Eropa (1)

Pius Mali, Jurnalis · Senin 23 Maret 2015 17:33 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 23 15 1123022 filosofi-logo-mobil-mobil-eropa-1-XjvD1dszuy.jpg Filosofi Logo Mobil-Mobil Eropa (Foto: Autoexpress)

LONDON - Logo merupakan salah satu hal penting untuk menunjukkan identitas sebuah produk, tak terkecuali kendaraan bermotor. Selain itu, logo juga bisa menjadi saksi sejarah suksesnya pabrikan mobil.

Hal tersebut seperti dilansir Autoexpress, Senin (23/3/2015). Diungkapkan, semua orang tentunya sangat akrab dengan logo sebuah produk mobil karena sering melihatnya di jalan raya. Tak heran jika para produsen berusaha mengukir identitas merek yang bisa meninggalkan jejak abadi ke pelanggan dan masyarakat luas.

Berikut ini sejarah logo mobil-mobil Eropa yang cukup ternama dan dikenal setiap orang.

1. Porsche

Logo dari mobil Porsche pertama kali diciptakan pada 1952, atau dua tahun sebelum kemunculan Porsche 356 pada 1954. Di logo tersebut terdapat tanduk dan warna merah serta hitam yang identik dengan bendera Jerman. Sementara itu, kuda hitam dan tulisan Stuttgart menekankan ikatan Porsche dengan kota yang terkenal akan peternakan kuda, serta menunjukkan kekuatan mesin yang dibuat.

2. Mercedes Benz

Logo tiga bintang sudah ada sejak 1952. Tepat pada 1926, Daimler Motoren Gesellschaft (DMG) melakukan merger dengan Benz and Cie yang menjadikan logo ini milik Mercedes Benz. Pada 1933, logo hadir dengan bentuk siluet tiga bintang dalam sebuah lingkaran. Bentuk logo pabrikan automotif Jerman ini berupa tiga bintang, karangan bunga, serta tulisan Mercedes Benz hadir pada 1990-an.

3.Renault

Sejak awal hadir, pabrikan automotif ini mengalami tujuh kali perubahan logo. Dimulai 1900, logonya adalah sebuah inisial huruf Renault bersaudara yakni Louis, Marcel, dan Fernand. Kemudian logo berubah menjadi bagian kap mesin depan mobil klasik di 1906. Pada 1919, bentuk logo seperti tank digunakan. Logo seperti berlian mulai digunakan sejak 1925. Kemudian pada 1992, logo berlian tiga dimensi digunakan hingga sekarang.

4.Audi

Jika menyebut nama Audi, maka langsung tebersit di benak kita empat lingkaran yang saling menyatu dan terikat. Logo ini sudah ada sejak 1899, tepatnya saat empat perusahaan independen Audi, DKW, horch and Wanderer menyatu serta membuat satu produk mobil Audi hingga saat ini.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini