Desainer Mobil F1 Rancang City Car Irit Bahan Bakar

Pius Mali, Jurnalis · Sabtu 11 April 2015 08:08 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 11 15 1132420 desainer-mobil-f1-rancang-city-car-irit-bahan-bakar-fovqLQgB61.jpg Desainer Mobil F1 Rancang City Car Irit Bahan Bakar (Autoevolution)

SURREY - Desainer yang dikenal keandalannya dalam membuat mobil balap Formula 1 dan McLaren F1 road car, Gordon Murray, membuat rancangan konsep mobil perkotaan atau city car dengan kode Porject M.

Project M sendiri sudah digulirkan sejak 2010, melibatkan perusahaan minyak Shell, Gordon Murray Design dan ahli mesin Osamu Goto dari Geo Technology.

Kendaraan yang irit bahan bakar dan ramah lingkungan ini diharapkan bisa menjadi solusi mobilitas penduduk di kota-kota besar. Apalagi, diprediksi pada 2050 sebanyak 9 miliar orang di dunia akan tinggal di kota-kota besar.

"Sejak bekerja sama dengan tim Gordon Murray Design pada 2010, kami telah memberikan pemikiran lebih lanjut tentang cara untuk membuat mobil yang lengkap, menggunakan energi sesedikit mungkin. Kami percaya Project M ini akan menjadi mobil yang sangat efisien," ujar Selda Gunsel, Vice President Lubricants Technology Shell, seperti dikutip dari Autoevolution, Sabtu (11/4/2015).

City car Porject M rencananya akan diluncurkan pada November 2015. Kendaraan super irit bahan bakar ini sudah melewati serangkaian pengujian di Inggris. Efisiensi bahan bakarnya 2,4 liter per 100 kilometer.

Sebelum bekerja sama dengan Shell, Murray juga bekerja sama dengan Yamaha untuk sebuah proyek desain kendaraan hemat bahan bakar. Kendaraan tersebut diberi nama MOTIV.e yang diresmikan pada 2013. Namun sayang tidak disebutkan data teknisnya.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini