nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bahan Bakar Mobil dari Campuran Air dan Karbondioksida

Anton Suhartono, Jurnalis · Rabu 29 April 2015 11:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 04 29 15 1141742 bahan-bakar-mobil-dari-campuran-air-dan-karbondioksida-FRsmFiT3YE.jpg Audi dan Sunfire menciptakan bahan bakar baru untuk mobil bermesin diesel (Audi)
DRESDEN - Produsen mobil premium asal Jerman, Audi, bekerja sama dengan perusahaan energi Sunfire berhasil menciptakan bahan bakar baru untuk kendaraan bermesin diesel. Bahan bakar alternatif pengganti solar yang dibuat menggunakan gas karbondioksida (CO2) dan air tersebut dinamakan "blue crude".
 
Penemuan ini mendapat apresiasi dari Menteri Pendidikan Jerman Johanna Wanka. Ia mengatakan, inovasi tersebut memberikan kontribusi penting bagi lingkungan dan bisa mengefisienkan sumber energi.
 
Cara kerja sederhananya, steam bekerja dengan bantuan listrik menghasilkan suhu tinggi. Dari situ akan muncul uap yang kemudian menjadi air (H20). H20 lalu bereaksi dengan CO2 menghasilkan cairan yang kemudian disebut dengan blue crude. Sebelum digunakan untuk mesin diesel, cairan tersebut harus melalui proses penyempurnaan lagi agar tingkat pembakarannya lebih baik.
 
Kapasitas produksi Sunfire baru bisa membuat 3.000 liter blue crude dalam beberapa bulan mendatang. Jika ada permintaan banyak, produksi dengan skala besar akan dilakukan.
 
“Jika ada pemesanan kami siap untuk mengomersialkan teknologi ini," terang CTO Sunfire, Christian von Olshanusen, sebagaimana dikutip dari Time.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini