Semua Produsen Aki Pasti Terdampak Kenaikan Dolar

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Selasa 15 September 2015 19:58 WIB
https: img.okezone.com content 2015 09 15 15 1214699 semua-produsen-aki-pasti-terdampak-kenaikan-dolar-yFktHFpSph.jpg Semua Produsen Aki Pasti Terdampak Kenaikan Dolar (Okezone)

JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat yang tidak menentu menuai sejumlah dampak, seperti yang dialami produsen aki mobil dan motor. Sejumlah produsen kebingungan dalam menentukan harga jual produknya.

Menurut Sugih Sutjiono, direktur PT Enrich Solution (ES) yang merupakan distributor aki Amaron di Indonesia, menguatnya dolar AS tidak bisa dihindari. Hal itu tidak hanya terjadi di Indonesia, di negara lain pun merasakan dampak yang sama, karena beberapa komponen aki masih impor.

"Dolar itu sesuatu yang ada di luar kontrol kami, karena fluktuasi pasar kami tidak bisa menentukan, tapi yang jelas komponen aki mau di negara mana pun produksinya itu akan di nilai pakai dolar. Contoh casing, plastik mau di mana pun itu dasarnya adalah dolar. Dolar tidak hanya akan berefek pada aki Amaron tapi akan berefek kepada seluruh merek karena bahan baku yang diproduksi di Indonesia pun belinya dari luar negeri. Kalaupun terjadi perubahan, pasti harga naik," jelasnya.

Meski dolar terus naik, menurut Sugih, salah satu yang bisa dikontrol adalah kapasitas produksi dan efisiensi itu bisa dikontrol dari pabrik. Dalam kondisi ekonomi yang lemah ini, di sinilah setiap produsen dituntut untuk meningkatkan kualitas produk dan menetapkan harga yang kompetitif.

"Ekonomi yang lemah artinya apa. Inilah kesempatan untuk menawarkan produk yang lebih baik untuk pasar dengan harga yang kompetitif. Dalam ekonomi yang susah ini justru kami beri jaminan harga sama dengan aki lainnya tapi dapat jaminan kualitas jadi konsumen tidak perlu pusing. Justru ekonomi makin susah kualitas harus semakin baik," pungkas Sugih.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini