Share

Jual Hewan Kurban Lebih Untung, Diler Mobil pun Disulap Jadi Kandang

Anton Suhartono, Okezone · Rabu 23 September 2015 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2015 09 23 15 1219632 jual-hewan-kurban-lebih-untung-diler-mobil-pun-disulap-jadi-kandang-jxJG2Ppnl0.jpg Diler mobil bekas disulap jadi kandang hewan qurban (Carmudi)
JAKARTA - Bukan rahasia lagi bahwa bisnis hewan kurban menjanjikan keuntungan besar. Banyak pedagang musiman yang menjajal peruntungan dengan membuka lapak-lapak di pinggir jalan menjajakan kambing dan sapi.
 
Maka, tak heran bila ada diler mobil bekas yang mengorbankan ruang pamer atau showroom mereka untuk diganti menjadi tempat berjualan sapi dan kambing.
 
Salah satu diler mobil bekas yang menyulap showroom menjadi kandang hewan kurban adalah Mandiri Maju Lestari yang berada di Jalan Akses UI, Kota Depok, Jawa Barat.
 
Diler milik Syaefudin yang berdiri sejak 1980-an itu sebenarnya memulai bisnis jual-beli mobil bekasnya dari berjualan ternak sapi dan kambing.
 
"Aslinya berdagang kambing dan sapi kira-kira sejak 30 tahun lalu. Lalu beralih jual-beli mobil, kira-kira sudah 20 tahun," ujar Genna, salah seorang staf diler sekaligus keponakan Syaefudin, kepada Carmudi.
 
Menurut dia, seiring berjalannya waktu, bisnis sapi dan kambing hanya dilakukan pada hari raya besar dengan memanfaatkan lahan showroom. Mandiri Maju Lestari sendiri sudah memulai bisnis hewan kurban di diler mobil sejak 10 tahun lalu dengan nama Pasar Hewan Qurban.
 
Showroom itu per harinya bisa menampung 450 sampai 500 sapi. Sapi termahal yang laku di sana mencapai harga Rp40 juta.
 
Meski begitu, penjualan mobil tetap berjalan meski showroom sudah diubah menjadi kandang sapi sejak 24 Agustus 2015. Hanya, unitnya ditampung di lahan luas yang berada di belakang diler. Di hari biasa, diler ini memajang semua model mobil, rata-rata keluaran tahun yang masih baru.
 
Keuntungan yang didapat dari berjualan sapi jauh lebih besar dibanding angka penjualan mobil dalam sebulan.

Follow Berita Okezone di Google News

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini