Kaca Spion Elektrik Bermasalah, Lakukan Cara Ini!

Mufrod, Jurnalis · Rabu 30 September 2015 08:12 WIB
https: img.okezone.com content 2015 09 30 15 1223213 kaca-spion-elektrik-bermasalah-lakukan-cara-ini-PTRX1Tb1z1.jpg ilustrasi kaca spion elektrik (foto: Okezone)

 JAKARTA - Spion elektrik dirancang untuk memudahkan pengendara mobil dalam menyeting posisi kaca tanpa harus membuka jendela. Tombol kontrol pengaturan spion biasanya berada di samping kanan setir kemudi.

Karena pengoperasiannya secara elektronik maka perlu diperhatikan beberapa hal agar alat ini awet.

“Pada dasarnya kaca spion elektrik jarang rusak jika tidak terjadi masalah yang diakibatkan benturan jika tidak dibuka dan ditutup tanpa menggunakan tombol kontrol,” papar Arjuna, teknisi Fadila Modifikasi, DOC, Depok, Jawa Barat.

Beberapa kasus, kata dia, breket spion tidak mau menutup atau membuka ketika tombol dioperasikan.

Jika mendapati masalah seperti ini, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan:

1. Cek sikring apakah putus atau tidak.

2. Jika kondisi sekring tidak putus maka bisa dicoba dengan menghidupkan kembali mesin mobil.

3. Lalu, tutup dan buka kaca spion secara manual. Namun langkah ini harus dilakukan secara perlahan agar tidak merusak gear di dalamnya.

4. Jika cara ini tidak berhasil, diperkirakan ada kerusakan pada bagian motor kaca spion. Lakukan pengecekan ke bengkel resmi atau bengkel spesialis kaca spion. Karena jika sudah menyangkut komponen yang berfungsi menggerakkan breket itu perlu penanganan dari orang yang sudah ahli

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini