Kaca Film, dari Jendela Gedung Berkembang ke Mobil

Pius Mali, Jurnalis · Kamis 12 November 2015 14:37 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 12 15 1248158 kaca-film-dari-jendela-gedung-berkembang-ke-mobil-3pXCkeoJeW.jpg Ilustrasi pengujian kaca film V-Kool (Okezone)

JAKARTA - Guna mengurangi panas matahari yang masuk ke dalam kabin, umumnya pemilik kendaraan memasang pelapis film pada kaca. Namun ternyata, kaca film awalnya tidak digunakan pada kendaraan bermotor.

Lianto Winata, flat glass division head PT V-Kool Indo Lestari menjelaskan, kaca film awalnya diaplikasikan untuk bangunan gedung, namun kelamaan berkembang dan dipakai untuk produk automotif.

"Awalnya memang untuk gedung, terutama untuk gedung tinggi karena kalau panas matahari langsung terasa di ketinggian. Tapi kini banyak dipakai untuk pemilik mobil," ujar Lianto, Kamis (12/11/2015).

Ia menambahkan, V-Kool Indonesia sendiri saat ini masih melayani pemasangan kaca film untuk gedung-gedung. Meski demikian ia tidak bisa memungkiri bahwa di Indonesia kaca film V-Kool identik untuk mobil. Hal ini diperjelas dengan data bahwa lebih dari 90 persen penjualan V-Kool di Indonesia untuk produk automotif.

Menurut dia, kebutuhan akan kaca film sudah disadari betul oleh konsumen. Bahkan, calon pembeli mobil baru umumnya menanyakan terlebih dahulu ke pihak diler apakah mobil yang akan dibelinya sudah mendapat fasilitas kaca film atau belum.

"Konsumen Indonesia itu unik, kalau beli mobil baru mereka biasanya bertanya ada bonus kaca filmnya apa enggak. Ini keuntungan juga karena awalnya V-Kool kan masuk di sini memang untuk pasar automotif. Jadi biasanya banyak diler yang menawarkan paket mobil baru ditambah kaca film kami," pungkas dia.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini