Sulitnya Memasang Lapisan Film pada Kaca Melengkung

Pius Mali, Jurnalis · Jum'at 13 November 2015 16:17 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 13 15 1248886 sulitnya-memasang-lapisan-film-pada-kaca-model-melengkung-sKiNKMbEcw.jpg Ilsutrasi pemasangan kaca film (northgeorgiatint)

JAKARTA - Berkembangnya teknologi desain kendaraan membuat mobil dibuat sangat aerodinamis. Tak hanya bagian bodi, kaca mobil keluaran terbaru kini banyak memiliki desain melengkung mengikuti garis desain kendaraan. Hal ini ternyata menjadi tantangan bagi produsen kaca film ketika hendak mengaplikasi pada mobil konsumen.

"Desain mobil terbaru makin lama makin aerodinamis, maka bentuk kacanya juga mengikuti, makin banyak yang desainnya melengkung. Kaca seperti ini kami akui ini memang sulit dan menjadi tantangan tersendiri ketika hendak memasang pelapis kaca film. Tapi kami ada pelatihan khusus bagi tim untuk memasang di mobil seperti ini," ujar ujar Billy Susanto, head of aftersales service V-Kool Indonesia, kepada Okezone.

Untuk cara pemasangan, lanjut Billy memang dibedakan dengan kaca mobil standar atau yang desainnya lurus. Memasang kaca film pada lapisan film pada kaca melengkung, para teknisi biasanya melakukan dua prosedur pemasangan. Pertama dengan pemanasan, dan yang kedua dengan model sambung.

"Kalau kaca yang lurus, pasang enak, bisa langsung. Kalau yang melengkung kami biasanya panaskan dulu sampai batas tertentu mengikuti bentuk kacanya, baru ditempel. Ini memang harus dilakukan oleh teknisi terlatih. Pilihan lain untuk kaca mobil yang melengkung adalah dengan menyambung dua sisi kaca film, tapi setelah dipasang biasanya ada bekas garis sangat tipis," lanjut dia.

Namun Billy memastikan, konsumen tidak perlu khawatir dengan proses pemasangannya kaca film V-Kool. Selama dilakukan di outlet resmi dan oleh teknisi terlatih, pelindung panas kabin ini tidak akan mengganggu. "Kalau soal pemasangan kan kami beri garansi. Selama ini hampir tidak ada masalah, karena memang dilakukan oleh tim kami yang sudah dilatih. Jadi baik kacanya rata atau pun melengkung bisa ditangani," pungkas dia.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini