Perlukah Pasang Lapisan Film di Sunroof Mobil

Pius Mali, Jurnalis · Sabtu 14 November 2015 08:26 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 13 15 1249113 perlukah-pasang-lapisan-film-di-sunroof-mobil-MHIZItJ4SE.jpg Ilustrasi sunroof mobil (gtcarlot.com)

JAKARTA - Di mobil keluaran terbaru, kaca tak hanya dipasang pada sisi bodi. Banyak produk mobil yang memasang kaca di bagian atap sebagai perangkat sunroof atau bahkan panoramic glass roof.

Hal ini menimbulkan pertanyaan, perlukah memasang pelapis film untuk permukaan atap transparan tersebut? Billy Susanto, head of aftersales service V-Kool Indonesia, menjawab pemasangan lapisan film ini bergantung pada kebutuhan pemilik mobil.

"Kalau ditanya perlu atau enggak, bergantung konsumen. Sepengetahuan saya, sunroof ataupun panoramic glassroof sudah dirancang untuk menahan panas yang masuk ke kabin. Kalau mau pasang kami bisa layani," ujarnya kepada Okezone.

Untuk pemasangan lapisan film pada atap kaca, Billy melanjutkan ada sedikit perbedaan. Biasanya pihak V-Kool hanya menyarankan untuk memasang yang bening agar sunroof bisa tetap difungsikan dengan baik.

"Kalau untuk kegelapan film, saran saya samakan saja dengan kaca depan, maksimal 40 persen. Ini supaya cahaya matahari bisa tetap masuk dan menerangi kabin. Lagipula, mobil dengan atap kaca biasanya diberi sejenis kain penutup yang bisa dibuka-tutup sesuai kebutuhan," pungkas dia.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini