nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cat Mobil dengan Thermocromic agar Warnanya Bisa Berubah, Siapkan Rp50 Juta

Pius Mali, Jurnalis · Selasa 01 Desember 2015 03:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 11 30 15 1258577 cat-mobil-dengan-thermocromic-agar-warnanya-bisa-berubah-siapkan-rp50-juta-KeW8RRxVnn.jpg Butuh dana sekira Rp50 juta untuk mengaplikasi cat thermocromic pada bodi mobi (Pius/Okezone)l

JAKARTA - Thermocromic paint menjadi pilihan model cat baru yang modern untuk mobil. Warna cat ini bisa berubah sesuai suhunya. Rahasianya, temperatur udara bisa mengubah konformasi pada pigmen cat dasar yang sensitif terhadap perubahan suhu.

Ican, manajer bengkel Platinum Motorsport yang juga pemilik Mazda MX-5 Thermocromic mengatakan, mengaplikasikan cat ini pada kendaraan tak mudah. Dibutuhkan proses dan biaya besar agar cat thermocromic menempel dengan sempurna ke bodi mobil.

"Prosesnya hampir sama, seperti yang sudah dijelaskan, langkah terakhir sebelum clear coat pastikan adukan cat dan cairan thermocromic tetap dingin saat disemprotkan. Kami di bengkel juga trial sampai 15 kali dengan total sampai jadi menghabiskan 20 liter," ujarnya kepada Okezone.

Pria berusia 23 tahun ini menambahkan, selain proses pengecatan, kesulitan lain ialah untuk mendapatkan cairan thermocromic itu sendiri. Cat ini masih diimpor dari Amerika Serikat. Ini juga yang menjadi alasan biaya pengecatannya jauh lebih tinggi ketimbang cat biasa.

"Untuk yang mau mobilnya dicat thermocromic, siapkan budget sekira Rp50 juta. Pemiliknya tinggal tahu beres dan mobilnya rapi. Kenapa sampai segitu mahal? Karena bahannya sendiri sudah mahal, thermocromic per liter itu kurang lebih Rp3 juta. Satu bodi mobil butuh sekira 5 liter, belum cat dasar, cat pelapis, dan finishing-nya," papar dia.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini