nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mobil Sport Bertenaga 700 Bhp Ini Terbuat dari Kayu

Pius Mali, Jurnalis · Rabu 16 Desember 2015 02:49 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 12 15 15 1268325 mobil-sport-bertenaga-700-bhp-ini-terbuat-dari-kayu-RYho1Z1JIK.jpg Mobil sport Splinter yang dibuat dari bahan kayu (Gizmag)

NORTH CAROLINA - Ide kreatif dalam membuat mobil sport digulirkan seorang mahasiswa di North Carolina University, Joe Harmon. Ia tak memilih bahan serat karbon atau alumunium seperti banyak digunakan pada mobil sport ternama, Harmon memilih menggunakan kayu untuk membangun mobil yang diberi nama Splinter itu.

"Sudah menjadi mimpi saya untuk merancang dan membangun mobil sendiri sejak masih kecil. Kayu memberikan tantangan tambahan yang saya pikir mungkin menjadikan proyek ini ke arah yang lebih menarik," jelas Harmon, seperti dikutip dari Gizmag, Rabu (16/12/2015).

Seperti pada mobil sport umumnya, Splinter memiliki desain bodi yang aerodinamis. Kecuali kaca samping dan depan, serta lampu utama maupun belakang, semua komponen terbuat dari kayu yang didesain sendiri. Bahkan peleknya pun dari kayu.

Meski mobil ini dari kayu, namun mesinnya gahar yakni small-block V8 berkapasitas 7,0 liter dengan blok mesin dan head dari bahan alumunium. Tenaga yang dihasilkannya mencapai 700 bhp. Mesin besar itu dikombinasikan dengan transmisi manual enam percepatan.

Meskipun suspensi, kaki-kaki, mekanisme kemudi, dan sasi mobil terbuat dari kayu, beberapa bagian komponen harus bergantung pada bahan logam, seperti enam kaliper piston rem depan dan dua piston kaliper belakang.

Untuk membangun mobil sport berbahan kayu tersebut Harmon menghabiskan waktu selama lima tahun. Namun ia tak menyebut berapa biaya serta bahan kayu yang dibutuhkan untuk membangun Splinter.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini