Trend Grille Besar pada Varian MPV Terbaru, Apa Pertimbangannya?

Mufrod, Jurnalis · Jum'at 08 Januari 2016 13:52 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 08 15 1283628 trend-grille-besar-pada-varian-mpv-terbaru-apa-pertimbangannya-zAAik0f164.jpg Grill besar Suzuki Ertiga Dreza (Foto:Okezone)

JAKARTA - Perubahan model dari beberapa varian produk terbaru yang telah diluncurkan Agen Pemegang Merek beberapa waktu lalu, hadir dengan tampilan lebih mewah dibanding generasi sebelumnya.

Seperti pada Toyota Grand new Avanza, Grand new Veloz yang diluncurkan pada Agustus tahun lalu, hadir dengan platform baru, kedua model antara Avanza dan Veloz yang sudah beda kelas ini menghadirkan perubahan desain lebih mewah.

Dari sisi eksterior, kunci kemewahan kedua model ini terletak pada penggunaan grille besar yang mengadopsi desain grille pada kendaraan keluarga premium. Toyota mengaplikasikan untuk kedua model low MPV-nya.

Sejurus dengan Toyota, Suzuki yang kemarin baru melahirkan varian Ertiga Dreza, juga tampil dengan desain grille upper dan grille lower berukuran besar. Lantas apa fungsi penggunaan grille berukuran besar tersebut?

Menurut Departement Technical Service Toyota Astra Motor, Iwan Abdurrahman, penggunaan grille baru pada Grand new Avanza dan Grand new Veloz selain sebagai penunjang tampilan juga memiliki fungsi sebagai sistem pendingin mesin secara eksternal.

Hal senada juga diungkapkan Donny Saputra, 4W product development PT SIS, yang menyebutkan perubahan grille upper dan lower dari Ertiga Dreza dirancang untuk meningkatkan estetika tampilan baru. Sedangkan secara fungsi juga berperan sebagai sistem pendingin mesin.

Ia menambahkan, meski secara dimensi ukuran grille lebih besar, diakuinya tidak akan menghambat tekanan udara pada kendaraan saat kecepatan tinggi. Hal tersebut diperhitungkan melalui derajat kemiringan pada kisi-kisi grille-nya, sehingga air flow yang masuk melalui grille upper dan lower dapat tersirkulasi secara maksimal.

Sehingga meskipun secara dimensi ukuran grille Suzuki Ertiga Dreza lebih besar, dipastikan tidak akan mengganggu aerodinamika kendaraan saat dikendarai.

"Sebelumnya, kami sudah perhitungkan matang setiap perubahan desain pada Ertiga Dreza, pengujian juga dilakukan beberapa kali untuk mengetahui setiap perangkat dirancang secar maksimal tanpa kekurangan sedikit pun," tutup Donny.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini