Selamat Tinggal CD Drive di Head Unit Mobil

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Kamis 21 Januari 2016 09:45 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 21 15 1293384 selamat-tinggal-cd-drive-di-head-unit-mobil-wYxTd3q3ef.jpg head unit single DIN (Foto: Santo/Okezone)

JAKARTA - Seiring berkembangnya teknologi, penggunaan compact disc (CD) pada head unit mobil mulai surut. Hampir semua perusahaan aftermarket yang memproduksi head unit mulai mengurangi porsi produk yang dilengkapi slot untuk CD. Sebagai penggantinya, perusahaan menyediakan fitur lain untuk sarana penunjang pemutar musik digital, seperti slot USB.

Menurut Brand Manager PT Audioworkshop, Chandra Budiman bahwa tidak bisa dipungkiri penggunaan CD akan hilang, ditambah lagi untuk mendapatkan lagu dalam format digital sekarang semakin mudah.

"Menjamurnya toko-toko online lagu apalagi kita sekarang bisa beli lagu per track lebih enak dan bisa pilih yang high resolution," kata Chandra.

Kendati demikian, lanjut dia, penggunaan CD pada head unit tidak serta merta langsung hilang begitu saja, masih ada yang menggunakannya meski sudah tidak banyak.

"Dibilang hilang sih tidak juga, tapi untuk ke depan akan menjadi barang langka. Saya rasa penggunaan CD bakal ditinggalkan karena media penyimpanannya terbatas. Kalau rusak sedikit tidak bisa dipakai atau diputar lagi. Kalau digital bisa simpan di komputer. Kalau misalkan hilang pasti masih punya masternya," pungkas Chandra.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini