nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hengkang dari Indonesia, "Kue" Ford Akan Diperebutkan Merek Lain

Anton Suhartono, Jurnalis · Kamis 11 Februari 2016 11:40 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 02 11 15 1309436 hengkang-dari-indonesia-kue-ford-akan-diperebutkan-merek-lain-HlKqBMyuSv.jpg Ford Everest (Foto: Ford)

PALEMBANG - Keputusan mundur Ford Motor di pasar automotif Indonesia disesalkan banyak pihak. Pasalnya, merek mobil Amerika Serikat itu sudah memiliki konsumen potensial dan loyal. Penjualannya di Indonesia tidak terlalu buruk. Pada 2015, Ford masih bisa menjual 6.000 sampai 7.000 mobil.

Hengkangnya Ford dari pasar Indonesia secara tidak langsung bisa menguntungkan merek lain, terutama yang bermain di segmen yang sama dengan Ford. Para calon konsumen bisa saja beralih ke merek lain. Seperti diketahui, Ford cukup identik dengan produk SUV atau 4x4-nya, seperti Everest dan Ranger.

Mengomentari hal tersebut, Operating General Manager of Mitsubishi Motors Corporation (MMC) PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Irwan Kuncoro, mengungkapkan, ada peluang yang bisa dimanfaatkan.

“Mengenai Ford tentunya kami turut prihatin. Tentunya kita semua bisa membaca karena produk Ford banyak yang ada di dalam segmen produk kami juga. Jadi secara bisnis pastinya akan ada peluang,” kata Irwan.

Namun, ia menandaskan bahwa di segmen itu tidak hanya Mitsubishi yang bermain. Hal ini ibarat kue yang bisa diperebutkan banyak merek.

"Pastinya semua bisa melihat. Tidak hanya Mitsubishi, merek lain yang bermain di segmen yang sama akan melihat hal ini sebagai peluang. Kami punya Pajero, Triton, di mana Ford juga punya dua produk itu. Tapi merek lain juga kan punya. Secara natural hal itu menjadi opportunity,” jelas dia.

Namun, saat disinggung mengenai angka yang bisa diserap dari, Irwan menegaskan tidak berpikiran ke arah itu.

“Kami belum sampai analisis sampai ke situ,” pungkas dia.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini