Prinsip Kerja Motor Bensin 4-Tak

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Senin 15 Februari 2016 19:38 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 15 15 1312843 prinsip-kerja-motor-bensin-4-tak-J4mInvGEZt.jpg Prinsip Kerja Motor Bensin 4-Tak (Foto: Ilustrasi/2bp)

JAKARTA - Sekarang ini hampir semua motor sport sudah dibekali mesin bensin 4-tak. Pada mesin 4 tak terdapat beberapa kontruksi yang terdiri dari katup hisap, katup buang, silinder, torak, cincin torak, batang torak, poros engkol, dan roda penerus.

Di dalam motor bensin 4-tak, ada rangkaian proses kerja agar mesin dapat menghasilkan tenaga gerak.

Seperti dikutip dari buku ‘Teknisi Otodidak Sepeda Motor’  karya Marsudi, M.T dijelaskan ketika katup hisap membuka, campuran udara dan bensin akan masuk ke dalam silinder melalui saluran katup hisap. Campuran udara dan bensin itu kemudian dimampatkan atau dikompresi dengan torak yang bergerak ke titik mati atas (TMA) dan di bakar.

Gas panas hasil pembakaran yang mempunyai temperatur dan tekanan tinggi itu mendorong torak ke titik mati bawah (TMB). Gerak torak diteruskan oleh batang torak ke poros engkol untuk diubah menjadi gerak berputar. Ketika katup buang membuka selanjutnya gas panas, setelah mendorong torak hingga ke TMB di dorong keluar oleh torak yang bergerak ke TMA ke udara luar melalui saluran buang atau knalpot.

Bila disimpulkan, terdapat empat proses kerja mesin bensin yaitu, langkah menghisap, langkah kompresi, langkah menyalurkan hasil pembakaran, dan langkah buang gas.

"Dalam satu proses kerja disebut siklus. Jadi satu siklus kerja motor bensin terdiri dari empat proses kerja yang mana masing-masing proses kerja dilakukan oleh langkah torak penuh. Karena satu siklus motor bensin terdiri dari empat langkah torak maka motor bensin in disebut motor bensin 4 langkah atau 4-tak," tulis Marsudi dalam bukunya.

Untuk diketahui, beberapa merek sepeda motor yang sudah mengusung mesin 4-tak, yaitu, Honda CB 100, Honda CB 125, Honda Vario, Suzuki Thunder, Yamaha R25, Kawasaki Ninja 1000, Honda PCX, Suzuki Satria Fu, dan sebagainya.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini