Perusahaan Automotif Indonesia Gandeng Produsen Italia Bikin Ban

Pius Mali, Jurnalis · Selasa 23 Februari 2016 16:33 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 23 15 1319315 perusahaan-automotif-indonesia-gandeng-produsen-italia-bikin-ban-3jg0Mw1NT3.jpg Ban Aspira Premio produksi Astra Otopart dan Pirelli diluncurkan (Foto: Pius/Okezone)

JAKARTA - PT Astra Otoparts Tbk melakukan perluasan usaha dengan menggandeng produsen ban Italia, Pirelli. Astra Otoparts dan Pirelli membuat perusahaan patungan bernama PT Evoluzione Tyres. Pabrik ban sepeada motor itu didirikan di Subang, Jawa Barat, dengan menempati lahan seluas 31 hektare.

"Pabrik kami punya luas area total 31 hektare. Yang sudah dipakai itu 14 hektare. Untuk kapasitas produksi full bisa mencapai 7 juta pieces ban dalam setahun. Tapi ini kan kami baru tahap awal," ujar Tony Santoso, direktur PT Evoluzione Tyres, Selasa (23/2/2016).

Sementara itu, Direktur PT Astra Otoparts Yusak Kristian menjelaskan, status perusahaan merupakan patungan, di mana Pirelli mendominasi kepemilikan saham yakni sebesar 60 persen sedangkan PT Astra Otoparts 40 persen.

"Partner kami lebih dominan, termasuk untuk riset dan pengembangan teknologi ban. Untuk produksi, PT Evoluzione Tyres akan memproduksi ban merek Aspira Premio dengan jumlah awal sebanyak 1,5 juta pieces selama satu tahun ini," jelasnya.

Ban Aspira Premio ukuran 14-17 inci resmi diluncurkan hari ini dengan banderol Rp150 ribu-Rp750 ribu. Ban baru ini memiliki tiga tipe, yakni Urbano, Sportivo, dan Sportivo RS.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini