Share

Suku Cadangnya Dipalsukan, Astra Otoparts Siap Tempuh Jalur Hukum

Pius Mali, Jurnalis · Rabu 24 Februari 2016 06:57 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 24 15 1319824 suku-cadangnya-dipalsukan-astra-otoparts-siap-tempuh-jalur-hukum-7lOtx1IHy6.jpg PT Astra Otoparts Tbk akan menempuh jalur hukum untuk pemalsuan suku cadang mereknya (ilustrasi : Okezone)

JAKARTA - Dalam memilih suku cadang kendaraan bermotor, tak jarang konsumen terjebak dengan barang palsu. Melihat kondisi ini PT Astra Otoparts selaku salah satu produsen suku cadang kendaraan roda dua dan empat di Indonesia angkat bicara.

Rio Sanggau, sales & marketing division head PT Astra Otoparts mengungkapkan keberadaan suku cadang palsu sangat merugikan baik untuk konsumen maupun perusahaan. Ia pun tak segan menempuh jalur hukum jika ada pembuat suku cadang palsu menggunakan merek perusahaannya.

"Spare parts palsu ini memang banyak beredar, tapi kami punya legal sendiri. Tentu kami melihat dulu suku cadang apa saja yang bisa dipalsukan. Dari situ kami akan melihat dari sisi hukumnya, berdasarkan kasusnya,” ujarnya.

Namun Rio enggan membocorkan bagaimana pihaknya bisa mengetahui produk suku cadang itu asli buatan pabrik atau barang palsu. Ia hanya menegaskan tindak pemalsuan bisa dengan mudah dilacak melalui toko ataupun diler yang menjual produk suku cadang dari PT Astra Otoparts.

"Mengetahui barang palsu itu mulanya dari para toko ataupun diler karena mereka merasa terganggu. Jika sudah ada informasi kami harus bergerak cepat dan sampai sejauh mana bisa kami tangani. Sehingga pemalsuan tak terlalu banyak terjadi," lanjut dia.

PT Astra Otoparts saat ini memproduksi beberapa merek suku cadang baik mobil dan sepeda motor seperti, Aspira, GS Astra, Federal, serta yang paling baru ialah ban sepeda motor Aspira Premio yang diproduksi oleh PT Evoluzione Tyres.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini