Empat Pertimbangan Sebelum Mengajukan Kredit Kendaraan

Agregasi Cermati.com, Jurnalis · Selasa 15 Maret 2016 15:22 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 15 15 1336453 empat-pertimbangan-sebelum-mengajukan-kredit-kendaraan-6gIOUCPY7G.jpg ilustrasi (foto: Okezone)

JAKARTA - Fasilitas angkutan umum yang dirasa kurang memadai menjadi salah satu alasan mengapa kebanyakan orang lebih memilih untuk memiliki kendaraan pribadi, meskipun jumlah uang yang harus dikeluarkan terkait dengan hal tersebut cukup besar.

Hal ini tidak akan menjadi masalah bila Anda memiliki sejumlah dana yang cukup besar dan bisa dialokasikan sebagai dana untuk membeli sebuah kendaraan pribadi. Hanya saja bila ternyata Anda tidak memiliki dana yang cukup, maka satu-satunya jalan yang bisa Anda tempuh adalah dengan cara mengajukan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) kepada pihak bank atau lembaga pembiayaan.

Dalam melakukan pengajuan kredit ini, tentunya Anda akan diwajibkan untuk memenuhi berbagai macam persyaratan, termasuk pengadaan sejumlah uang muka yang besarnya sekitar 25-30 persen dari total harga kendaraan yang akan dibeli.

Saat ini, ada banyak bank dan lembaga pembiayaan yang menyediakan layanan KKB, maka Anda dengan leluasa bisa membandingkan dan memilih lembaga yang terbaik bagi KKB yang akan Anda ajukan. Pastinya dalam hal ini Anda akan memiliki sejumlah pertimbangan khusus.

Di bawah ini adalah beberapa pertimbangan yang perlu untuk Anda cermati sebelum mengajukan kredit kendaraan, dikutip dari Cermati.com.

Harga

Pastikan Anda telah memiliki gambaran mengenai jenis kendaraan dan spesifikasi yang Anda inginkan. Hal ini akan membantu Anda untuk memiliki gambaran besaran dana yang akan dikeluarkan untuk memiliki sebuah kendaraan pribadi.

Anda dapat memulainya dengan melakukan serangkaian survey dan melakukan perbandingan antara satu jenis kendaraan dengan jenis yang lainnya. Jika Anda tidak memiliki sejumlah waktu untuk mendatangi dealer secara langsung, maka Anda bisa melakukan hal ini melalui jaringan internet atau secara online. Ada banyak situs otomotif yang bisa Anda jadikan sebagai sumber informasi.

Jika Anda ingin sebuah kendaraan baru dengan harga yang lebih terjangkau, maka ada baiknya Anda memilih kendaraan keluaran tahun lalu, kendaraan seperti ini akan lebih murah bila dengan kendaraan keluaran terbaru.

Bunga

Bunga kredit yang Anda ajukan akan sangat berpengaruh pada besaran cicilan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya, karena itu sangat penting untuk mencermati besaran suku bunga kredit yang akan Anda dapatkan.

Ada baiknya Anda mengajukan KKB pada saat suku bunga kredit mengalami penurunan, atau pada saat lembaga penjamin sedang mengadakan promo dengan penawaran bunga khusus. Hal ini tentu akan sangat meringankan jumlah cicilan bulanan Anda.

Lakukan perbandingan suku bunga kredit ini pada beberapa bank sekaligus, Anda bisa melakukannya dengan mudah secara online pada masing-masing website mereka. Pastikan Anda mendapatkan bunga kredit paling ringan bagi KKB Anda.

Lembaga Penjamin

Lembaga penjamin bisa berupa bank, atau perusahaan leasing. Jangan sembarangan dalam memilih lembaga penjamin bagi kredit yang akan Anda ajukan, pastikan Anda memilih sebuah lembaga penjamin yang memiliki kredibilitas yang baik di mata masyarakat.

Anda bisa mendapatkan informasi mengenai lembaga penjamin yang tepat melalui teman, keluarga, kerabat, ataupun melalui informasi dalam forum internet yang banyak membahas mengenai hal tersebut.

Asuransi

Hal terakhir yang patut Anda pertimbangkan adalah sebuah layanan asuransi yang wajib disertakan dalam pengajuan kredit yang akan Anda lakukan. Cermati perusahaan asuransi yang akan Anda gunakan, pilih yang terbaik dan pahami besaran premi yang harus Anda bayarkan. Gunakan perusahaan asuransi terbaik, karena hal tersebut akan menjamin sejumlah risiko yang bisa saja terjadi pada kendaraan Anda.

Membeli kendaraan secara kredit memang membutuhkan sejumlah persiapan yang matang, hal ini penting untuk menjamin kualitas kendaraan dan lembaga keuangan yang akan Anda gunakan. Jangan terburu-buru dalam menentuka pilihan, pastikan kendaraan yang Anda beli benar-benar memiliki manfaat yang maksimal untuk Anda dan keluarga.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini