Bensin Keluar dari Kaburator, Periksa Komponen Ini

Kamis 31 Maret 2016 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 31 15 1350655 bensin-keluar-dari-kaburator-periksa-komponen-ini-PaMYuSav5i.jpg Karburator (Foto: Gila Motor)

JAKARTA - Beberapa masalah kecil pada sepeda motor pasti pernah dialami oleh pengendara. Mulai dari kelistrikan sampai ruang bakar. Sebut saja salah satu masalah yang sering timbul adalah bensin keluar dari karburator.

Menurut Julius Johny Holle, mekanik JHM di Daan Mogot, Jakarta Barat, ada beberapa penyebab karburator mengeluarkan bensin. “Penyebabnya bisa dari pompa bensin, slang bensin, jarum pelampung atau dalam tangki kotor akibat jarang dipakai dalam jangka waktu cukup lama,” tutur Julius seperti dikutip Gilamotor.com, Kamis (31/3/2016).

Ada beberapa langkah pengecekan untuk mengetahui sumber penyakitnya.

1. Pengecekan pertama pada pompa bensin.

Kerja komponen tersebut memberikan tekanan bahan bakar ke karbu. “Kalau bensin mengalir terus, berarti katub di dalamnya sudah tidak mampu menutup dengan baik atau lemah,” jelas Julius.

2. Pengecekan komponen selang bensin.

Jangan sampai ada yang bolong atau sambungan yang longgar. Biasa yang mudah rusak itu di ujung selang akibat seringnya bongkar pasang karbu dan dipaksa masuk.

3. Cek jarum pelampung.

Karena peranti ini yang mengatur asupan bahan bakar dari tangki ke ruang bakar. Jika sudah tumpul atau rusak, kemungkinan bensin akan mengucur terus karena tidak bisa menutup dengan sempurna.

4. Bak bensin

Kotoran yang mengendap di dasar bak bensin karburator juga bisa membuat celah kecil di lubang baut saluran pembuangan. Selain itu, jika motor tak dipakai dalam waktu lama dalam keadaan bensin kosong, hal itu bisa menimbulkan korosi di dinding penampung bahan bakar. Kotoran karat yang ada di tangki bensin bisa terbawa ke karburator. Akibatnya aliran bensin tak lancer. Makanya kinerja jarum pelampung tak sempurna sehingga bensin terus mengalir ke karbu dan bak karburator menjadi penuh dan luber.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini