nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Di Balik Konsep Desain Robot Gundam di Mobil Nissan GT-R

Anton Suhartono, Jurnalis · Rabu 20 April 2016 11:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 04 20 15 1367641 di-balik-konsep-desain-robot-gundam-di-mobil-nissan-gt-r-YufUPBEFQM.jpg Nissan GT-R model 2016 (Digitaltrends)

TOKYO - Desain kendaraan semakin berkembang mengikuti selera konsumen global. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi produsen mobil Jepang untuk mempertahankan karakter lokal pada kendaraannya. Ini pula yang dilakukan Nissan dengan banyak mengadopsi karakter anime Jepang pada produk-produknya.

Sebagai contoh, desainer Nissan mengadopsi tokoh fiksi ilmiah Gundam pada model GT-R. Tampilan mobil tampak seperti robot, termasuk desain pada lampu belakang.

"Coba dilihat jendela dan garis atap mobil, tidak mengalir dengan halus dari depan ke belakang, tapi membengkok. Kami ingin menunjukkan sebuah kejanggalan pada mobil tapi penampilannya tetap keren. Selain itu, menimbulkan kesan bahwa mobil itu bertenaga seperti tokoh robot anime," jelas Kepala Desain Global Nissan Motor, Shiro Nakamura, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (20/4/2016).

Nakamura melanjutkan, desain ini digunakan pada sportcar GT-R untuk menunjukkan bahwa produk Nissan berbeda dengan merek lain seperti Porsche, Ferrari, dan lainnya. Desain pada sportcar dan supercar Eropa lebih mengadopsi konsep hewan seperti jaguar dan lainnya.

Dengan mengadopsi konsep budaya Jepang, lanjut Nakamura, Nissan bisa tetap eksis dengan ciri khasnya di tengah semakin maraknya perkembangan industri automotif.

"Kami menekankan pada budaya Jepang karena kami merek Jepang. Jika tidak mengadopsi desain dari DNA budaya Anda sendiri, maka tidak akan ada keberlanjutan dan itu menunjukkan Anda tidak percaya diri," pungkas dia.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini