nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mitsubishi Pastikan Pengiriman Delica ke Indonesia Tak Terpengaruh Gempa

Anton Suhartono, Jurnalis · Rabu 20 April 2016 14:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 04 20 15 1367875 mitsubishi-pastikan-pengiriman-delica-ke-indonesia-tak-terpengaruh-gempa-iwwH7mVIP9.jpg

JAKARTA - Gempa Jepang pada pekan lalu yang berpusat di Prefektur Kumamoto berpengaruh terhadap operasional industri automotif di sana. Beberapa merek bahkan sampai menghentikan produksi di sebagian besar pabriknya akibat terhambatnya pasokan komponen dan penyebab lainnya.

Salah satu produsen kendaraan yang juga terkena dampak gempa kuat itu adalah Mitsubishi Motors.

Head of MMC Public Relations Department PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Intan Vidiasari menerangkan, Mitsubishi Motors memiliki tiga fasilitas produksi utama kendaraan penumpang di Jepang yaitu Okazaki di Nagoya, Mizushima di Okayama, dan Pajero Manufacturing Co (PMC) di Prefektur Gifu. Nagoya serta Gifu sendiri berada di Jepang Tengah, jauh dari titik gempa yang berada di selatan.

Saat ini satu model kendaraan Mitsubishi yang dipasarkan di Indonesia, Delica, masih didatangkan secara utuh atau compeletely built up (CBU) dari Jepang. Sedangkan Pajero Sport dan Mirage diimpor dari Thailand.

Intan mengatakan, Delica untuk pasar Indonesia diproduksi di PMC. Sebab, lokasi PMC jauh dari titik gempa, maka dipastikan produksi dan distribusi mobil-mobil dari pabrik itu tidak terpengaruh gempa.

"Mitsubishi Delica diproduksi di PMC plant dan sehubungan dengan gempa yang terjadi di Jepang, produksi dan distribusi dari PMC plant, termasuk Delica, tidak mengalami gangguan," terang Intan dalam keterangannya kepada Okezone, Rabu (20/4/2016).

Sementara itu, lanjut Intan, pabrik di Mizushima, Okayama, memproduksi keicar atau mobil kecil di bawah 1.000 cc, EK-Wagon, serta model lainnya. Mobil tersebut diproduksi untuk kebutuhan lokal Jepang. Posisi Okayama sendiri agak ke selatan, meski tidak bersebelahan dengan Kumamoto.

"Operasi plant Mizushima yang memproduksi keicar seperti EK-wagon dan lainnya untuk kebutuhan pasar domestik Jepang akan diputuskan kemudian," tutup Intan.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini