nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenali Perawatan & Letak Electronic Control Unit Mobil

Mufrod, Jurnalis · Kamis 12 Mei 2016 08:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 05 11 15 1386078 kenali-perawatan-letak-electronic-control-unit-mobil-FrKlchALmF.jpg Perangkat ECU (foto: Caradvice)

JAKARTA - Electronik Control Unit atau biasa disebut ECU merupakan sentral kinerja kendaraan mulai dari fitur hingga menyokong kinerja mesin melalui pengaturan bahan bakar dan udara.

Pentingnya peran ECU bahkan disebut sebagai otak dari kendaraan, perlu mendapat perhatian utama bagi pemilik mobil keluaran terbaru. Jika ECU rusak, sudah bisa ditebak mobil tidak bisa digunakan, begitu pula ketika perangkat ini mengalami kerusakan di jalan bisa bikin mobil mogok.

Sebagai perangkat elektronik, ECU memiliki kelemahan pada suhu lembab dan percikan air yang bisa menyebabkan terjadinya konsleting pada komponen dalam.

Menurut Taufik mekanik Mirza Autocare, letak ECU pada mobil produksi Jepang dengan Eropa berbeda tempat. Pada mobil Jepang biasanya ditempatkan di bagian kabin, sedangkan Eropa ada pada kompartemen mesin.

"Meski ECU pada mobil Jepang berada dalam kabin, namun belum tentu aman, karena jika tingkat kelembapan tinggi juga bisa merusak perangkat ECU," tegas Taufik.

Hal lain yang perlu diperhatikan agar ECU tidak rusak yakni menjaga arus kelistrikan agar tetap stabil. Periksa kondisi filter udara, usahakan jangan sampai kotor, karena dapat menghambat pembacaan kinerja mesin oleh ECU.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini