Jelang Lebaran, Permintaan Suku Cadang Motor Naik hingga 15%

Pius Mali, Jurnalis · Jum'at 20 Mei 2016 10:18 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 20 15 1393278 jelang-lebaran-permintaan-suku-cadang-motor-naik-hingga-15-nzki1VLZOI.jpg Jelang lebaran suku cadang sepeda motor mengalami kenaikan permintaan (Okezone)

JAKARTA - Jelang Hari Raya Idul Fitri tak hanya penjualan unit sepeda motor yang meningkat, permintaan suku cadang juga mengalami kenaikan dibandingkan hari biasa.

GM Service dan Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menyebut, kenaikan permintaan suku cadang jelang Lebaran bisa mencapai 5 sampai 15 persen. Meski begitu, kenaikan permintaan suku cadang tahun ini menurun bila dibandingkan musim-musim mudik tahun sebelumnya.

"Permintaan pasti naik. Kenaikan tiap tahun saya tidak tahu nilainya karena harus tim spare part yang jawab. Kalau persentasenya enggak terlalu signifikan, paling 5 sampai 15 persen," ujarnya.

Menurut Abidin, saat ini masyarakat mulai sadar untuk tidak mudik menggunakan sepeda motor. Sehingga servis dan penggantian suku cadangnya lebih sedikit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Saat ini imbauan sudah mulai mengena ke masyarakat untuk tidak menggunakan sepeda motor saat mudik. Bahkan banyak pengendara sekarang kirim motor jauh hari, lalu orangnya naik bus. Ini juga berdampak pada permintaan spare part," tutup dia.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini