Begini Robot-Robot Bekerja Memarkir Mobil

Anton Suhartono, Jurnalis · Jum'at 03 Juni 2016 07:49 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 02 15 1404632 begini-robot-robot-bekerja-memarkir-mobil-Mdc48psk8l.jpg Gedung parkir di China gunakan robot (People's Daily Online)

GUANGDONG - Sebuah perusahaan teknologi yang berbasis di Kota Shenzhen, Provinsi Guangdong, China, Yee Fung Automation Technology, beberapa hari lalu memperkenalkan sistem parkir robotik untuk mobil. Teknologi ini bisa menjadi solusi dari permasalahan parkir di kota-kota besar yang minim lahan.

Sistem robot parkir atau automated guided vehicle (AVG) ini berkerja di sebuah gedung parkir yang terdiri dari beberapa lantai. Pengguna mobil tinggal berhenti di sebuah ruangan, lalu sisanya robot akan bekerja memarkirkan mobil ke tempat kosong.

Robot tersebut berwujud platform yang bisa mengangkat mobil ke lahan parkir yang kosong. Hanya dibutuhkan waktu sekira 2 menit bagi setiap robot untuk meletakkan mobil di tempat yang ditentukan.

Ada banyak robot yang bekerja mengantar dan mengambil mobil. Semua dilakukan dengan rapi tanpa ada robot yang bertabrakan satu sama lain dan salah mengantar. Ini karena robot tersebut bekerja menggunakan sistem navigasi laser serta sudah dilengkapi dengan sistem pemindaian sidik jari yang canggih.

Potensi kesalahan dalam mengindentifikasi pemilik mobil hanya 0,01 persen. Selain itu, akurasi dalam ketepatan meletakkan mobil di tempat semestinya bisa di bawah 5 milimeter. Dengan begitu, pengguna jasa parkir ini tidak perlu khawatir mobil mereka akan bersenggolan dengan kendaraan lain.

Robot tersebut memiliki kecepatan 1,5 meter per detik. Satu gedung parkir bisa dilengkapi 100 robot AVG. Sistem ini dikalim mampu meningkatkan efisiensi parkir di kota-kota besar hingga 40 persen.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini