nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cek Kendaraan Sebelum Mudik, Bukan Cuma Mesin

Pius Mali, Jurnalis · Kamis 09 Juni 2016 23:24 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 06 09 15 1410965 cek-kendaraan-sebelum-mudik-bukan-cuma-mesin-2L6NHBew2M.jpg Service mobil jelang musim mudik lebaran bukan cuma soal mesin (Mali/Okezone)

JAKARTA - Melakukan servis dan perawatan berkala kendaraan sebelum digunakan mudik sangat penting dilakukan. Apalagi pemudik yang melakukan perjalanan jauh.

Representative Bosch Car Service (BCS) Auto-Service Cempaka Putih Edmond Tanuwidjaja mengatakan, pengecekan kendaraan tak hanya pada sektor mesin, tapi juga komponen lain.

"Kalau bicara soal mudik, urusannya sama perjalanan panjang, kemacetan, kondisi jalanan yang banyak berlubang, dan cuaca yang tidak bisa diprediksi. Yang paling penting dalam memeriksa kendaraan saat dibawa mudik adalah komponen yang menunjang keamanan dan kenyamanan mobil," ujar Edmond di Jakarta, Kamis (9/6/2016).

Hal yang perlu menjadi perhatian, lanjut Edmond, banyak sistem pada mobil yang saling terintergrasi. Sehingga, pengecekan harus dilakukan secara cermat.

"Paling utama adalah pengereman, kemudian cooling system, lalu charging system, lalu kelengkapan lainnya harus dicek juga," tambahnya.

Selain komponen yang menyangkut keamanan pengemudi dan penumpang, faktor kenyamanan berkendara juga termasuk yang banyak diabaikan ketika melakukan pemeriksaan.

"Bicara soal kenyamanan paling pertama itu air conditioner (AC). Otomatis harus diperiksa fungsi dan keoptimalan kerjanya. Kedua, single lighter. Ini sering dianggap sebagai hal kecil, meskipun bukan perokok tapi colokan ini harus dicek karena banyak dipakai untuk charge handphone atau untuk colokan GPS. Selanjutnya wiperblade. Sekarang kita enggak usah bicara soal kerusakan, wiper bunyi saat macet tiga jam itu sudah enggak nyaman. Jadi ini juga penting," pungkas dia.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini