Share

Bosch Indonesia Tak Main-Main jika Ada Suku Cadangnya yang Dipalsukan

Pius Mali, Jurnalis · Jum'at 10 Juni 2016 07:12 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 10 15 1411118 bosch-indonesia-tak-main-main-jika-ada-suku-cadangnya-yang-dipalsukan-D0UqXFATCf.jpg Merek sukucadang Bosch punya cara tersendiri untuk menghadapi pemalsuan produk (Mali/Okezone)

JAKARTA - Produsen suku cadang kendaraan Jerman, Bosch, menghadapi tantangan berat dalam memasarkan produk suku cadang aftermarket yaitu pemalsuan produk. Ini juga dialami banyak produsen spare part lain di Indonesia.

Marketing Manager Bosch Automotive Aftermarket Indonesia, Griselda Iwandi, tak memungkiri adanya suku cadang imitasi Bosch.

"Memang kalau ngomong suku cadang itu (imitasi) menjadi hal yang paling sulit. Saat suatu merek sudah terkenal dan sudah laku, imitasinya cepat sekali. Apalagi di Indonesia ini," ujarnya di Jakarta, Kamis 9 Juni 2016 malam.

Untuk menghadapinya, lanjut Selda sapaan akrabnya, pihak Bosch Indonesia memiliki divisi khusus yang memantau kondisi pasar suku cadang di Indonesia. Termasuk mengawasai jika ada pemalsuan produk.

"Kami ada divisi legal untuk memantau kegiatan seperti ini atau hal-hal yang terjadi di market. Itu kemudian di-follow up dengan serius. Ya masalah ini seperti jamur, yang ditumpas sekali lalu tumbuh lagi. Ini memang perlu follow up yang continue. Ada divisi legal yang melakukan pengecekan secara reguler dan menentukan tindakan yang akan dilakukan," tutup Selda.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini