Share

Dijual Akhir 2016, Ini Spesifikasi Dua Sepeda Motor Listrik Viar

Pius Mali, Jurnalis · Minggu 19 Juni 2016 15:29 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 19 15 1419357 dijual-akhir-2016-ini-spesifikasi-dua-sepeda-motor-listrik-viar-lIEbDJHjdE.jpg Skuter listrik Viar Pulse dan Viar Q1 memiliki perbedaan karakter (dok.Viar/Okezone)

JAKARTA - PT Viar Motor Indonesia bakal memperkuat line-up dengan menghadirkan sepeda motor listrik, Viar Pulse dan Q1. Motor jenis skuter matik ini rencananya akan diluncurkan pada Desember 2016.

Marketing Communication Viar Motor Indonesia Frengky Osmond mengatakan kedua sepeda motor listrik tersebut memiliki perbedaan. Viar Pulse memiliki tampilan futuristis dan sporty, sedangkan Q1 berpenampilan fancy namun modern.

“Perbedaan terletak pada penggunaan jenis baterai yang tertanam di kedua unit ini. Untuk Viar Pulse menggunakan baterai jenis VRLA (valve regulated lead acid) dan Viar Q1 menggunakan baterai jenis lithium-ion yang secara bobot lebih ringan. Pada pengetesan yang dilakukan oleh tim internal Viar, keduanya memiliki maximum speed yang sama," jelas Frengky.

Kedua skutik listrik ini menggunakan mesin Bosch dengan maksimal power 1.200 watt pada Viar Pulse dan 800 watt Viar Q1. Walaupun memiliki tenaga berbeda, pengujian internal memperlihatkan keduanya mampu mencapai kecepatan maksimum 60 kilometer per jam.

“Dengan kecepatan sekira 60 km/jam, Viar Pulse maupun Q1 akan mampu menempuh jarak sejauh 70-80 kilometer hingga baterai habis. Untuk waktu yang dibutuhkan dalam mengisi baterai hingga penuh sekira 5-7 jam,” tambahnya.

Beberapa fitur yang disematkan pada Viar Pulse dan Viar Q1 antara lain panel speedometer digital, lampu LED, rem cakram depan dan belakang, alarm, serta keyless start engine.

Selain fitur menarik, Pulse dan Q1 telah menjalani serangkaian uji coba, salah satunya direndam di dalam air.

"Kedua unit ini telah menjalani serangkaian uji coba yang dilakukan oleh tim research and development dari Viar Motor dan bahkan kami sudah menggandeng salah satu universitas ternama di Jawa Tengah untuk pengembangan kedua unit ini,” tutup Frengky.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini