nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sensor Rem Jadi Penyebab Kecelakaan Koenigsegg saat Pemecahan Rekor

Pius Mali, Jurnalis · Jum'at 22 Juli 2016 01:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 07 21 15 1443834 sensor-rem-jadi-penyebab-kecelakaan-koenigsegg-saat-pemecahan-rekor-H87mJQ7W9h.jpg Koenigsegg melakukan penyelidikan dan menemukan sensor rem tak bekerja saat mobil hendak memecahkan rekor kecepatan di Nurburgring, Jerman (Carscoops)

STOCKHOLM - Produsen hypercar Koenigsegg menyelidiki penyebab kecelakaan yang terjadi pada model One:1. Kecelakaan terjadi saat mobil hendak memecahkan rekor kecepatan di Sirkuit Nurburgring, Jerman, pada Senin 18 Juli 2016.

Menurut laporan Carscoops, usai terlibat kecelakaan, Koenigsegg One:1 langsung diboyong ke kantor pusatnya di Swedia. Dari penyelidikan ditemukan penyebab kecelakaan karena kesalahan pada sistem rem anti-lock brake system (ABS).

Kerusakan terjadi pada sensor ABS di rem sebelah kiri. Sebenarnya lampu peringatan di indikator sudah menyala dan bisa terlihat oleh pengemudi. Namun, mobil yang melaju sangat cepat di sirkuit diduga membuat pengemudi tak menyadari adanya tanda bahaya tersebut.

Dalam kondisi ABS normal, laju mobil akan bisa ditahan dengan baik. Bahkan saat pengemudi panik dan melakukan underbraking sekalipun. Hanya saja, sensor yang tak berfungsi baik membuat justru roda terkunci ketika hypercar ini melaju dalam kecepatan tinggi.

Akibatnya mobil keluar dari lintasan dan menabrak dinding pembatas. Bodi mobil nyaris tak berbentuk akibat benturan keras.

Beruntung saat kejadian airbag-nya mengembang dan sensor bahan bakarnya bisa menutup secara otomatis. Sehingga tak membuat mobil meledak dan pengemudinya bisa berhasil keluar.

Sebelumnya diinformasikan, Koenigsegg One:1 akan memecahkan rekor kecepatan di Sirkuit Nurburgring. Hypercar yang mengalami kecelakaan ini merupakan satu dari tujuh prototipe produk yang disiapkan khusus untuk pemecahan rekor.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini