Diuji Coba 3.000 Km, Sasis Skuter GESITS Diubah Pakai Aluminium

Nurul Arifin, Jurnalis · Kamis 04 Agustus 2016 10:35 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 04 15 1454670 diuji-coba-3-000-km-sasis-skuter-gesits-diubah-pakai-aluminium-Mfed70kSeY.jpg Tim ITS mengubah sasis skuter listrik GESITS dari bahan aluminium (Foto: Okezone)

SURABAYA - Skuter listrik GESITS (Garansindo Electric Scooter ITS) yang akan diuji coba sejauh 3.000 kilometer mengalami beberapa perubahan dibandingkan prototipe yang telah diperkenalkan beberapa waktu lalu. (Baca: ITS Siapkan 10 Prototipe Skuter Listrik GESITS untuk Diuji)

Salah satu perubahan yang dilakukan adalah bagian sasis. GESITS yang akan diuji coba menggunakan sasis dari bahan aluminium cor.

"Target kami adalah lolos uji, sehingga ada beberapa perubahan yang harus dilakukan. Perubahannya tidak banyak sehingga tidak begitu mengubah bentuk dari model prototipe yang sudah diperkenalkan beberapa waktu lalu. Tapi sasisnya diganti dengan aluminium,” kata Project Leader Development GESITS, Grangsang Setia Ramadhani, kepada Okezone.

Dengan penggunaan aluminium, lanjut Grangsang, sasis akan lebih resisten terhadap air. Selain itu, penggantian ini sedikit mengubah bentuk bodi skuter. Pasalnya bentuk bodi mengikuti sasisnya.

Dalam melakukan perubahan ini, tim GESITS sudah melakukan riset dan pengujian di laboratorium Mobil Listrik Nasional (Molina) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Dipilihnya bahan aluminium, jelas dia, untuk menaikkan performa serta menambah kenyamanan berkendara. Namun demikian, secara keseluruhan berat skuter tidak jauh berbeda dengan prototipenya.

"Bodi kami buat dari bahan fiber. Kalau yang prototipe kan dari pelat besi. Meski menggunakan aluminium secara keselurahan berat tetap sama. Kami mengejar safety-nya,” jelas Grangsang.

Sementara untuk sistem kelistrikan skuter masih menggunakan alat yang sama dengan versi prototipe. Di antaranya, daya yang dihasilkan tetap 5 kilowatt (kW). Kemudian kapasitas baterai juga masih 5 kWh. Sedangkan untuk kecepatan maksimal diperkirakan mencapai 115 kilometer per jam.

“Untuk ukuran pelek, lebar roda, dan ground clerence masih sama dengan prototipe GESITS,” pungkasnya.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini