nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tiger Riders Club Sambangi Markas Penjaga Langit

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Kamis 04 Agustus 2016 17:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 08 04 15 1455236 tiger-riders-club-sambangi-markas-penjaga-langit-H4R5pvb3hy.jpg Tiger Riders Club Sambangi Markas Penjaga Langit (TRiC)

JAKARTA – Merasa jenuh dengan kegiatan rutin seperti touring, hangout, dan kumpul-kumpul, para pengendara sepeda motor Honda Tiger atau Tiger Riders Club (TRiC) Jakarta menyambangi markas penjaga langit atau Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional (Kosekhanudnas) I TNI Angkatan Udara (AU). Kegiatan yang telah berlangsung pekan lalu ini diikuti oleh 70 anggota TRiC.

Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk menjalin tali silaturahmi dan sosilaisasi tentang budaya safety riding oleh TRiC dengan TNI AU. Selain itu melalui kegiatan ini pula para anggota bisa mengetahui tugas dan fungsi TNI AU dalam sistem keamanan nasional.

“TRiC menganggap perlu menambah asupan ilmu pengetahuan di luar dunia automotif,” ujar Ketua Region Commander TRiC, Dave, dalam keterangan resminya.

Kedatangan para anggota TRiC disambut hangat oleh Panglima Kosekhanudnas I Jakarta, Marsma TNI Ir Novyan Samyoga, M.M. yang dampingi para pejabat setingkat asisten dan perwira lainnya di Aula Iskandar, Jakarta.

Dalam kesempatan ini Panglima menjelaskan secara singkat tentang apa itu pertahanan udara. Sementara Ketua Region Commander TRiC, Willy, mempresentasikan perihal keselamatan berkendara.

“Oleh karena ini, kami menganggap perlu untuk berbagi pengetahuan tentang apa itu safety riding di jalan raya kepada rekan-rekan militer,” ujarnya.

Edo, perwakilan dari Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman), mengatakan bahwa penjelasan mengenai safety riding bertujuan memperlihatkan secara visual dan sekaligus menekan angka kecelakaan di jalan raya.

“Kegiatan ini harus berkelanjutan dan tidak sebatas pada hari ini. Dalam kurun waktu selama lima tahun terakhir, pada periode 2010 hingga 2014, terdapat informasi bahwa sekira 4.600 dari 150 ribu korban kecelakaan lalu lintas berasal dari prajurit TNI,” jelas Edo.

Sementara itu President Motorcycle Club (MC), Herry King, mengatakan bahwa TRiC sebagai komunitas motor menjadi salah satu kelompok yang wajib menularkan pengetahuan tentang safety riding kepada semua pihak, tanpa terkecuali di lingkungan keluarga besar TNI.

"Diharapkan anggota TNI juga bisa menjadi pelopor keselamatan, dan menjadikan keselamatan sebagai kebutuhan keseharian di luar tugasnya kepada negara," kata dia.

Usai sosialisasi safety riding, kegiatan ditutup dengan acara ramah tamah dan foto bersama di monumen Radar Decca Plessey HF-200.

(ton)

Berita Terkait

Auto Club

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini