nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keuntungan Kurangi Tekanan Angin Ban Mobil Offroad

Mufrod, Jurnalis · Selasa 23 Agustus 2016 07:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 08 23 15 1470494 keuntungan-kurangi-tekanan-angin-ban-mobil-offroad-4q7SWnlnYP.jpg Ilustrasi ban (Caradvice)

SYDNEY - Kurangnya tekanan angin pada ban mobil bisa membahayakan dan menyebabkan kecelakaan. Pasalnya laju mobil lebih sulit dikendalikan.Namun bagi mobil offroad, ban kurang angin justru bisa meningkatkan kenyamanan.

Seperti dikutip dari Caradvice, alasan utama offroader mengurangi tekanan ban mobil karena mampu mengurangi bantingan serta membantu kinerja suspensi saat mobil melaju di medan ekstrem.

Selain itu tekanan angin rendah juga mampu meningkatkan traksi di mana tapak ban lebih optimal menyentuh tanah. Dengan begitu mobil tidak akan mudah slip.

Pada jalan berpasir ada baiknya tekanan angin dikurangi 15-20 psi, sedangkan untuk medan yang membutuhkan jalan merambat pelan, tekanan angin direkomendasikan dikurangi antara 20-25 psi.

Perlu diperhatikan pengurangan tekanan hanya dilakukan jika kendaraan melewati medan offroad. Sesuaikan kembali tekanan angin saat mobil digunakan di jalan beraspal. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini