Share

Toyota Calya Jadi Primadona di GIIAS, Akankah Avanza Tergerus?

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Rabu 24 Agustus 2016 10:09 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 23 15 1471315 toyota-calya-jadi-primadona-di-giias-akankah-avanza-tergerus-mAC0YkOxJV.jpg Toyota Calya (Foto: Santo/Okezone)

TANGERANG - PT Toyota Astra Motor (TAM) agen pemegang merek mobil Toyota di Indonesia berhasil membukukan surat pemesanan kendaraan (SPK) sebanyak 8.286 unit selama 11 hari penyelengaraan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Toyota Calya dan Avanza merupakan dua model yang memiliki kontribusi terbesar dibanding produk lainnya.

Berdasarkan data SPK yang dimiliki Toyota, sebanyak 2.225 unit Calya dipesan pada GIIAS, sedangkan Avanza hanya terpaut tipis di angka 2.123 unit. Dari perolehan angka tersebut, akankah ke depannya Avanza tergerus oleh kehadiran MPV Calya?

Menjawab pertanyaan tersebut, Henry Tanoto, Vice President Director TAM mengatakan, masih terlalu dini untuk mengambil kesimpulan tentang hal itu.

"Ya kami harus lihat dulu, ini kan baru kegiatan yang singkat di GIIAS, jadi kami perlu waktu. Tapi setidaknya ini memang merupakan indikasi bahwa Toyota Calya mendapat respons yang cukup baik di masyarakat," kata Henry.

Ke depan, Henry berharap respons masyarakat terhadap Calya semakin bagus. Selain itu, ia juga berharap Calya dapat menjadi salah satu produk yang bisa menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia.

Di samping kedua produk andalan Toyota tersebut, ada beberapa produk lainnya yang tidak lepas dari perhatian pengunjung selama GIIAS berlangsung.

"Kalau dari segmen ya yang besar di segmen Avanza dan Calya. Ini segmen-segmen yang besar. Selain di segmen itu ada Sienta, Innova, dan Fortuner. Jadi saya rasa di situ memang merupakan segmen-segmen yang secara market juga paling besar di market automotif Indonesia," ujarnya.

Pada GIIAS 2016, TAM menampikan 30 mobil. Booth Toyota didesain sedemikian rupa dengan konsep β€˜Let’s Go Beyond, Here for a Wonderful Tomorrow’. Melalui booth tersebut, TAM ingin para pengunjung GIIAS 2016 dapat melihat dan merasakan berbagai produk andalan dengan desain dan teknologi terdepan yang dikembangkan Toyota. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini