Kaca Film Gelap Belum Tentu Menolak Panas di Kabin Mobil

Pius Mali, Jurnalis · Selasa 13 September 2016 14:53 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 13 15 1488090 kaca-film-gelap-belum-tentu-menolak-panas-di-kabin-mobil-j9UYM2u43d.jpg Kaca film gelap belum tentu bisa menolak panas yang masuk ke dalam kabin secara maksimal (expatautocm)

JAKARTA - Saat membeli mobil baru, salah satu yang menjadi pertanyaan konsumen ialah pelapis film yang dipasang di kaca mobil. Tak sedikit konsumen yang ingin mengaplikasikan kaca film dengan tingkat kegelapan hingga 80 persen.

Alasannya, pemilihan kaca film segelap itu untuk menolak panas matahari yang masuk ke kabin. Terlebih jika mobil beraktivitas di kota dengan karakter jalan macet serta parkir mobil di luar ruangan sehingga kerap terpapar langsung sinar matahari.

Namun anggapan bahwa semakin gelap kaca film dapat mengurangi panas dengan maksimal ternyata tidak sepenuhnya benar.

Marketing Manager V-KOOL Indo Lestari Monita Cherline mengatakan, kegelapan kaca film tidak berbanding lurus dengan kemampuannya menolak panas. "Kaca film gelap belum tentu menahan panas. Untuk mengetahui performa kaca film, mintalah demo pada distributor penjual dan cermati juga spesifikasi kaca film tersebut yang bisa dilihat pada website resmi (distributor kaca film)," ujarnya.

Untuk tingkat kegelapan film yang digunakan, lanjut Monita, ada baiknya pemilik mobil membedakan antara kaca depan dengan posisi kaca samping dan belakang. Hal ini karena kaca depan menjadi pusat pandangan pengemudi.

"Untuk aplikasi kaca samping dan belakang, tingkat kegelapan 80 persen masih aman dipakai, dengan catatan kaca spion kiri dan kanan akan kesulitan untuk dilihat ketika parkir di basement atau ketika cahaya di luar minim. Karena itu pengemudi harus membuka jendela pengemudi," paparnya.

Monita menambahkan, dalam industri kaca film tingkat kegelapan tidak lazim digunakan karena ukuran ini tidak akurat. Distributor kaca film biasa mengunakan satuan VLT (visible light transmission).

"Yang bisa diukur adalah VLT atau tingkat penerusan cahaya tampak. Kaca film dengan VLT antara 2-10 persen digolongkan mempunyai tingkat kegelapan 80 persen. Hal ini mungkin dilakukan untuk memudahkan ketika berhadapan dengan konsumen awam," tutup Monita.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini