Kaca Mobil Berembun, Apa Pengaruhnya pada Pelapis Film?

Pius Mali, Jurnalis · Rabu 14 September 2016 12:10 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 14 15 1488871 kaca-mobil-berembun-apa-pengaruhnya-pada-pelapis-film-3akCt7CoCm.jpg Kaca mobil kerap berembun ketika adanya perbedaan suhu dan kelembapan udara di luar dan di dalam kabin (Ilustrasi: Highendmotorsport)

JAKARTA - Pemilik mobil mungkin pernah mengalami adanya embun di kaca ketika berkendara. Paling sering kaca berembun saat hujan ataupun dingin, namun pendingin udara (AC) mobil tak dinyalakan.

Marketing Manager V-KOOL Indo Lestari Monita Cherline menjelaskan embun terjadi disebabkan oleh perbedaan suhu dan kelembaban di luar dan di dalam kabin mobil.

"Kalau embun terjadi di kaca dalam kabin, berarti cuaca di luar dingin dan pendingin kabin tidak beroperasi, sehingga suhu di dalam kabin lebih tinggi, demikian juga sebaliknya," ujarnya.

Meski kaca berembun, lanjut Monita, tidak akan ada pengaruhnya pada lapisan film yang dipasang di kaca mobil.

"Hal ini tidak memberikan pengaruh berarti pada kaca film, karena ketebalan kaca film sangat tipis (ukuran ketebalan tingkat mikron) dan setelah diaplikasikan, kaca film akan melekat erat ke kaca kendaraan bagian dalam," jelas Monita.

Meski demikian, ia menyarankan agar pemilik mobil tak membiarkan embun menempel di kaca terlalu lama. Hal ini lantaran bisa menyebabkan timbulnya kerak air di permukaan kaca.

"Jika ini terjadi, segeralah mengelap embun tersebut sampai kering karena jika dibiarkan terlalu lama akan memicu timbulnya kerak air (istilah awam:jamur). Cukup lap dengan kain lembut yang bersih dan kering, misalnya dengan lap microfiber hingga bersih," tutup Monita.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini