Share

Test Drive Toyota Calya & Daihatsu Sigra, Merek Berbeda Rasa Sama

Mufrod, Jurnalis · Kamis 15 September 2016 11:27 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 15 15 1489817 test-drive-toyota-calya-daihatsu-sigra-merek-berbeda-rasa-sama-KqOkuv86rl.jpg Toyota Calya diuji jalan dari Semarang menuju Solo (Okezone)

SOLO - Setelah meluncurkan Toyota Calya di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, PT Toyota Astra Motor (TAM) mengajak jurnalis untuk menguji produk low cost green car (LCGC) terbarunya itu.

Test drive yang berlangsung selama dua hari itu mengmbil rute dari Semarang menuju Solo, Jawa Tengah, dengan menempuh jarak 69 kilometer.

Untuk menguji ketangguhan Calya, perjalanan melewati berbagai macam karakter jalan, mulai dari lurus hingga berbukit. Pada kesempatan ini, Okezone mengemudikan Toyota Calya tipe G bertransmisi otomatis dengan jumlah orang di dalam kendaraan empat. Jalur Semarang dan Solo ditempuh dalam dua jam.

Mesin 1,2 liter 3NR-VE yang diproduksi oleh Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mampu meletupkan tenaga 86 hp dengan torsi maksimum 107 nm. Untuk melaju di jalan datar, Calya cukup mumpuni terlebih bobot kendaraan tak sampai 1.000 kilogram.

Sayangnya, transmisi otomatis dirasa masih kurang mampu memberi hentakan terutama saat melewati jalan tol Ungaran Bawen dengan karakter bukit yang sedikit menanjak. Posisi transmisi pada D (drive) harus diturunkan pada rasio yang kecil untuk mendapat tarikan tenaga bawah lebih maksimal.

Jalan beton yang bumpy di jalan tol mampu diredam oleh suspensi MacPherson Strut with coil spring and stabilizer bagian depan serta semi independent torsion axle beam with coil spring.

Mengemudi Toyota Calya tak jauh berbeda dengan saudara kembarnya, Sigra tipe R bertransmisi otomatis, yang beberapa waktu lalu juga sempat dijajal Okezone dari Tangerang menuju Kabupaten Bogor. LCGC rakitan lokal itu cukup nyaman dikendarai. Saat dijajal di jalan datar seperti di tol Jagorawi, kecepatan 120 kilometer per jam masih bisa dicapai. Namun saat melibas jalan menanjak di kaki Gunung Pancar tenaga mobil terasa agak berat.

Perlu diketahui, untuk mulai mengemudikan Toyota Calya atau Daihatsu Sigra, pengemudi harus sedikit menyesuaikan diri dengan posisi tuas transmisi yang berada di dasbor. Selain itu, desain rem tangan terbilang unik karena diletakan bersembunyi di sela jok pengemudi serta penumpang.

Begitu juga dengan Daihatsu Sigra yang menjanjikan sesuatu yang baru dan berbeda. Tampilan stylish, kapasitas angkut besar untuk ukuran LCGC MPV di kelasnya, serta harga relatif terjangkau, menjadi kunci mobil ini bisa diterima di pasar.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini