Semua Motor Akan Diharuskan Gunakan Rem ABS, AISI Siap-Siap

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Sabtu 17 September 2016 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 17 15 1491641 semua-motor-akan-diharuskan-gunakan-rem-abs-aisi-siap-siap-ZgpJxi5wJr.jpg Rem ABS akan jadi fitur standar sepeda motor (ist)

JAKARTA - Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Gunadi Sindhuwinata mengungkapkan akan ada regulasi serta kesepakatan secara internasional mengenai penggunaan sistem pengereman anti-lock braking system (ABS) pada semua jenis sepeda motor. Nantinya ABS akan menjadi fitur standar untuk roda dua.

Namun sampai saat ini, baru motor-motor besar saja yang menggunakan ABS. Belum menyeluruh ke motor-motor berukuran kecil. Untuk produk 150 cc di Indonesia sudah ada yang menggunakan ABS.

Lalu, bagaimana penerapan ABS untuk sepeda motor kecil yang dipasarkan di Tanah Air?

"Kami memang sudah melakukan pendekatan secara teknis bagaimana ABS ini diterapkan. Lalu produsennya bagaimana, dan sebagainya. Tapi jika sewaktu-waktu diperlukan kami siap untuk mengimplementasikannya," ujar Gunadi di Jakarta, belum lama ini.

Ia belum bisa memastikan kapan waktu persisnya ABS harus diterapkan ke semua sepeda motor di pasar Indonesia. Pasalnya hal ini menyangkut kesiapan dari pabrikan.

"Susah diperkirakan, karena ini bukan kesiapan pada satu pihak saja. Kami tidak tahu produsen mana yang sanggup mengembangkan ABS yang berukuran besar menjadi dimensi yang bisa diaplikasikan di motor kecil. Itu kan juga membutuhkan kemampuan engineering yang cukup besar. Bukan hanya skalanya saja, teknlogi dan macam-macam," tambah Gunadi.

Gunadi menjelaskan selama ini fitur keamanan ABS hanya ada di motor besar karena pada umumnya memiliki kapasitas mesin yang besar, sehingga cukup membahayakan bila hanya menggunakan rem standar.

"Kalau motor besar enggak terasa bila sudah ngebut, tapi kalau motor kecil terasa. Jadi ABS perlu di motor besar," tutup Gunadi.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini