Tips Safety Riding, Pengendara Motor Harus Terlihat dan Melihat

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Sabtu 17 September 2016 16:47 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 17 15 1491811 tips-safety-riding-pengendara-motor-harus-terlihat-dan-melihat-d976VAsRPw.jpg Ilustrasi pengendara motor (Okezone)

JAKARTA - Salah satu alat transportasi yang saat ini paling banyak digunakan oleh masyarakat terutama di kota-kota besar adalah sepeda motor. Kendaraan roda dua ini dipilih karena selain harganya lebih terjangkau, juga lebih simpel, berbiaya murah, dan bisa menyelip di antara kendaraan lain sewaktu jalan macet.

Namun pengendara sepeda motor tentunya harus memahami etika berkendara agar selamat di jalan raya. Hal yang tak kalah pentingya adalah pengendara sepeda motor harus terlihat dan melihat.

Ditemui di sela pelatihan safety riding bertajuk "Riding Skill for Life" yang diadakan oleh DPP Rescue Perindo, Direktur Utama ORD Training Center Wijaya Kusuma Subroto menjelaskan, agar pengendara bisa terlihat oleh pengguna jalan lain maka harus menggunakan pakaian atau jaket berwarna cerah. Sementara yang dimaksud dengan melihat adalah fokus pada jalan atau kondisi sekitar.

"Pertama, terlihat itu intinya orang bisa mengetahui posisi Anda berkendara. Menggunakan jaket berwarna terang membantu pengendara terlihat oleh orang lain. Kedua, persiapan dari orangnya. Pengendara harus bugar, istirahat yang cukup, dan tidak meminum minuman beralkohol. Setelah itu, ketiga, dia harus menguasai kendaraannya," terang Wijaya, di kantor DPP Partai Perindo, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (17/9/2016).

Dilanjutkannya, "Kalau melihat, ada teori yang namanya kebiasaan melihat dan memandang yang baik intinya di jalan raya itu pengendara sepeda motor harus terlihat dalam arti harus berkomunikasi dengan pengguna jalan lain."

Dia mencontohkan orang yang ada di sekitar kita harus mengetahui keberadaan si pengendara motor dan jangan lupa berkomuniskasi dengan pengguna jalan lain.

"Caranya tekan klakson jika ingin mendahului kendaraan di depan dan nyalakan lampu utama atau sein jika ingin berbelok," tutup Wijaya. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini