nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pasar Mobil Baru Lesu Tak Terpengaruhi Penjualan Ban

Pius Mali, Jurnalis · Senin 03 Oktober 2016 17:57 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 10 03 15 1505028 penjualan-mobil-baru-lesu-tak-terpengaruhi-penjualan-ban-ZaS9tIODss.jpg Penjualan ban tak terlalu berpengaruh terhadap penjualan kendaraan bermotor yang masih belum bergairah (Okezone)

JAKARTA - Penjualan kendaraan bermotor di Indonesia tahun ini masih belum menunjukkan perbaikan. Namun hal ini tak berpengaruh besar bagi penjualan ban dengan merek Michelin di Tanah Air.

Direktur Marketing Michelin Indonesia, Putu Yudha, mengatakan penjualan ban Michelin bertumbuh karena pihaknya tak hanya mengandalkan original equipment manufacturer (OEM) tetapi juga aftermarket.

"Kalau untuk ban, ini kan masuk dalam komponen aftermarket. Artinya, betul satu faktor tergantung dengan penjualan unit baru, baik mobil maupun sepeda motor, sama. Tapi jangan lupa, ada juga pasar yang kami bilang replacement market. Contoh, kan setiap tahun rata-rata mobil bertumbuh 1 juta, tahun depannya 1 juta juga, ini ada akumulasinya, ini merupakan pasar yang harus kami layani juga, sama dengan sepeda motor," ujar Putu di acara Michelin Safety Academy di Jakarta, Senin (3/10/2016).

Meski mengaku penjualannya bertumbuh positif, Putu tak menyebut angkanya secara rinci. Ia hanya menyebut, dengan pertumbuhan yang dialami, pihaknya masih terus menyuplai kebutuhan ban baik untuk OEM atau kebutuhan personal.

"Memang betul data Gaikindo dan AISI sedikit turun dibandingkan tahun lalu, tapi di kami karena orang tetap butuh ganti ban untuk mobil dan motor, so far kami masih menunjukkan pertumbuhan yang positif sih. Maaf saya enggak bisa sebut angkanya, tapi yang bisa saya katakan tumbuhnya double digit dibandingkan tahun lalu, ini Januari-Agustus ya," tutup dia.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini