Ssangyong Turismo, Mobil Camping dari Korea

Pius Mali, Jurnalis · Selasa 11 Oktober 2016 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 11 15 1511239 ssangyong-turismo-mobil-camping-dari-korea-WsYm0rtdmx.jpg Ssangyong Turismo MPV asal Korea Selatan untuk teman camping dan kegiatan outdoor (Carscoops)

LONDON - Produsen automotif Korea, Ssangyong, meluncurkan mobil baru, Turismo. Multi purpose vehicle (MPV) tersebut dirancang sebagai kendaraan camping atau untuk kegiatan outdoor lainnya.

Ssangyong Turismo memiliki panjang lebih dari lima meter dan wheelbase lebih dari tiga meter, menjadikannya sebagai MPV dengan ukuran tak normal. Dimensi tersebut lantaran mobil telah didesain ulang dan dilengkapi berbagai perabotan untuk camping.

"Turismo adalah salah satu mobil terbesar di pasar. Dalam bentuk standar mobil ini menawarkan tempat duduk untuk tujuh penumpang dewasa dan bagasi. Ini membuat mobil kian ideal untuk dikonversi menjadi camper van," ujar Paul Williams, CEO Ssangyong UK, seperti dikutip dari Carscoops, Selasa (11/10/2016).

Untuk menunjang kenyamanan, mobil ini sudah dilengkapi dengan toilet portable, tempat air bersih dan air kotor, kulkas kecil, kompor yang bisa dipakai di dalam maupun di luar mobil, charger 12 Volt, kursi yang bisa dilipat menjadi kasur, dan laci penyimpanan.

Atap mobil bisa ditarik ke atas sehingga menyerupai tenda tambahan. Selain itu tersedia juga kursi lipat untuk menikmati suasana alam.

Jantung penggerak mobil dikembangkan oleh pabrikan Mercedes Benz, yakni mesin diesel 2,2 liter bertenaga 175 hp dan torsi maksimum 400 nm. Mesin dikombinasikan dengan pilihan transmisi manual enam percepatan atau transmisi otomatis tujuh percepatan.

Belum ada harga yang disebut untuk menebus Ssangyong Turismo. Mobil ini akan tampil perdana di pameran Motorhome & Caravan Show di NEC, Birmingham, pada 11-16 Oktober 2016.

Sebelumnya, Mercedes Benz juga pernah membuat produk sejenis yang diberi nama Viano Marco Polo. Mobil tersebut dilengkapi dengan berbagai fitur yang praktis dan membantu ketika ingin berkemah.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini