Pasar Sepeda Motor Indonesia Lesu, Produsen Genjot Ekspor

Pius Mali, Jurnalis · Senin 17 Oktober 2016 03:12 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 17 15 1516357 pasar-sepeda-motor-indonesia-lesu-produsen-genjot-ekspor-7zaYArqtFH.jpg Pasar sepeda motor Tanah Air yang belum semarak, membuat produsen melakukan ekspor (Okezone)

JAKARTA - Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menargetkan penjualan sepeda motor di Indonesia mencapai 6 juta unit sampai akhir 2016. Para agen pemegang merek (APM) pun terus berupaya agar target ini masih bisa diraih dengan sisa waktu tiga bulan.

Ketua Umum AISI Gunadi Sindhuwinata mengakui melihat angka penjualan sepeda motor selama sembilan bulan 2016, masih terasa berat untuk mencapai angka 6 juta unit.

"September 570 ribu unit, dibandingkan Agustus ada kenaikan sekira 7-8 persen. Year on year masih minus, minusnya hampir 9 persen. Target 6 juta unit, mudah-mudahan bisa tercapai, kalau melihat angka Sepetember 4,358 jutaan unit. Angka itu kalau per setahun memang tidak (bisa) mencapai, tapi mendekati. Tapi dengan kondisi sekarang mudah-mudahan bisa sampai," ujar Gunadi, beberapa waktu lalu.

Melihat belum bergairahnya pasar sepeda motor Tanah Air, tambah Gunadi, anggota AISI gencar melakukan ekspor ke berbagai negara. Hal tersebut dilakukan agar proses produksi di pabrik sepeda motor Tanah Air bisa terus berputar.

"Ditarik ke belakang sampai ke produksi misalkan, ini kan angka yang kami tentukan untuk pasar domestik, sedangkan ekspor itu meningkat. Sampai September saja mendekati 300 ribu unit," sebutnya.

Angka ekspor sepeda motor terus meningkat drastis dibandingkan dua tahun lalu yakni mencapai 500 persen.

"Jadi tumbuhnya besar sekali. Dari tahun 2014, 2015, 2016 totalnya naik," pungkasnya.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini