Selera Pasar Global Beralih ke Motor Kecil, Ekspor Indonesia Melonjak

Pius Mali, Jurnalis · Senin 17 Oktober 2016 05:06 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 17 15 1516361 selera-pasar-global-beralih-ke-motor-kecil-ekspor-indonesia-melonjak-PNB1QDzyDE.jpg Ekspor sepeda motor bermesin kecil dari Indonesia melonjak dalam tiga tahun terakhir (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kendaraan roda dua produksi Indonesia mulai diminati negara-negara lain. Langkah ini juga untuk menyiasati pasar kendaraan roda dua di Tanah Air yang masih belum bersemangat jelang akhir 2016.

Meningkatnya angka ekspor hingga 500 persen, dikatakan Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Gunadi Sindhuwinata karena adanya perubahan tren global dan selera sepeda motor.

Menurut dia, banyak negara maju yang kini beralih dari motor gede (moge) menjadi menggunakan sepeda motor bermesin lebih kecil.

"Ekspor secara jujur kami mulai dari angka yang tidak besar. Namun didukung oleh kondisi global yang membutuhkan motor kelas kecil, bermesin di bawah 250 cc. Daripada memakai mobil atau moge untuk jarak dekat, maka merek menggunakan motor kecil dan ini menjadi tren," jelas Gunadi di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Pergeseran selera dari moge ke motor kecil, lanjut dia, diamati sudah terjadi sejak tahun lalu. Ini membuat sepeda motor produksi Indonesia lebih mudah diterima di luar negeri.

Gunadi tak menampik persayaratan yang harus dipenuhi untuk menjual produk ke luar Indonesia sangat berat. Namun ia terus mendorong para anggotanya agar membuat produk yang mampu bersaing di pasar global.

"Persyaratannya bukan main ketatnya, sehingga kami harus menyesuaikan layak jalannya. Ini tidak gampang, itu perjuangan yang bukan main," pungkasnya.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini