Toyota Tepis Avanza Transmover Dibuat karena Aturan Baru Taksi Online

Pius Mali, Jurnalis · Senin 24 Oktober 2016 07:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 23 15 1522446 toyota-tepis-avanza-transmover-dibuat-karena-aturan-baru-taksi-online-JiUSsjN42B.jpg Mobil Avanza untuk fleet tak ada hubungannya dengan pelarangan mobil bermesin di bawah 1.300 cc untuk taksi online (Okezone)

JAKARTA - PT Toyota Astra Motor (TAM) akan meluncurkan mobil baru bernama Avanza Transmover. Mobil jenis low multi purpose vehicle (LMPV) akan dipasarkan untuk pasar fleet termasuk armada taksi.

Adakah hubungannya mobil baru Avanza Transmover dengan adanya peraturan menteri terkait larangan penggunaan mobil di bawah 1.300 cc untuk menjadi taksi online? Vice President Director PT TAM Henry Tanoto menepisnya. Avanza Transmover sudah direncankan sejak jauh hari.

"Kami kan merencanakan produk itu sudah lama. Tapi kalau berita (larangan mobil di bawah 1.300 cc jadi taksi) itu kan baru. Jadi enggak ada hubungannya. Lagipula, ini hanya untuk penggunaan taksi, kalau taksi online kan bukan lembaganya taksi. Jadi itu enggak bisa kami pastikan. Tapi untuk perusahaan taksi, pelat kuning, bisa pakai produk kami," jelas Henry.

Soal persaingan dengan produk low MPV lain yang telah menjadi taksi, Henry menyebut TAM selaku agen pemegang merek (APM) mobil Toyota di Indonesia selain memiliki customer pengguna mobil pribadi juga perusaahan taksi.

"Kami punya costumer taxi company banyak. Kami dengar masukan dari mereka untuk mobil ini. Nah, mereka dapat masukan dari masyarakat, oh ada baiknya juga kalau armada taksi pakai MPV. Itu makanya kami akan perkenalkan produk ini," tambahnya.

Sebelum Avanza Transmover, TAM sudah menjual Toyota Soluna dan Toyota Limo (Vios dalam versi standar) ke banyak perusahaan taksi di Indonesia. Kedua mobil tersebut dibekali spesifikasi berbeda dengan model standar yang dibeli oleh konsumen.

Selain TAM, PT Honda Prospect Motor (HPM) juga sudah lebih dulu menawarkan low MPV Honda Mobilio menjadi armada taksi. Diketahui Honda Mobilio yang dijadikan taksi adalah tipe paling bawah yakni S. Honda memasarkannya dengan harga Rp176,5 juta per unit.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini