Bangun Pabrik Baterai Kedua, Daimler Serius Garap Mobil Listrik

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Senin 24 Oktober 2016 21:16 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 24 15 1523389 bangun-pabrik-baterai-kedua-daimler-serius-garap-mobil-listrik-gCciCP29J0.jpg Mercedes Benz EQ (Paultan)

STUTTGART - Sebagai upaya mempersiapkan diri sekaligus mendukung kemunculan mobil listrik, Accumotive, anak perusahaan Daimler mengumumkan bahwa pembangunan pabrik baterai kedua telah dimulai di Kamenz, Jerman.

Dengan nilai investasi sebesar 500 juta euro atau sekira Rp5,5 triliun, Daimler mengklaim fasilitas baru ini akan menjadi salah satu pabrik baterai terbesar dan paling modern di Eropa. Dijadwalkan, pabrik ini mulai beroperasi pada pertengahan 2018. Pabrik baru seluas 20 hektare ini posisinya tidak jauh dari pabrik baterai pertama yang juga berlokasi di Kamenz.

"Pada tahun 2025, lebih dari 10 mobil penumpang kami adalah kendaraan listrik. Pada saat yang sama, kami terus mendorong pengenalan plug-in-hybrid dan sistem 48 volt. Sistem baterai yang sangat efisien merupakan aspek penting dari strategi kami," kata Thomas Weber, Anggota Dewan Manajemen Daimler AG, seperti dikutip dari Paultan.

Pada ajang Paris Motor Show 2016, Mercedes Benz secara resmi memperkenalkan mobil listrik versi produksi yang diberi nama Generation Electronic Intelligence (EQ). Mobil kenis SUV ini dilengkapi dua motor listrik yang dipasang pada kedua as roda. Tenaga maksimalnya mencapai 402 hp dan torsi puncak 700 nm torsi. EQ siap diproduksi dan diklaim mampu menjelajah hingga 500 kilometer.

Pabrik Kamenz akan memproduksi baterai lithium-ion untuk semua kendaraan listrik dari Mercedes Benz, termasuk EQ, Smart, dan kendaraan plug-in-hybrid. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini