Rajin Ganti Oli agar Piston Sepeda Motor Awet

Jum'at 28 Oktober 2016 20:51 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 28 15 1527342 rajin-ganti-oli-agar-piston-sepeda-motor-awet-gNlnahLNc9.jpg Ilustrasi piston (Pinterest)

JAKARTA - Piston memiliki bentuk oval yang posisinya berada di dalam ruang bakar. Meskipun tidak terlihat, peran dari piston ini sangat vital. Pistonlah penyebab utama tenaga di sepeda motor.

Piston terbuat dari bahan yang tahan terhadap panas, sebab komponen satu ini terus-menerus menerima panas selama mesin bekerja. Saat bekerja secara otomatis, piston akan bergesekan dengan dinding liner dan lama-kelamaan akan menjadi baret. Bahkan, akibat gesekan menghasilkan serbuk-serbuk halus yang lama-kelamaan akan menumpuk dan menjadi karbon.

Karena piston bekerja terus-menerus tanpa henti, perlu mendapatkan perawatan secara berkala. Hal terpenting untuk menjaga piston supaya tetap awet adalah oli. Sebaiknya lakukan pergantian oli secara periodik dan teratur sesuai kondisi sepeda motor. Semakin tua motor, maka pengantian oli harus dilakukan sesering mungkin.

Jangan lupa pilihlah oli yang berkualitas, terutama memiliki formula yang bisa mengatasi, mengikat, dan menjaga serbuk-serbuk halus tersebut. Demikian seperti dikutip dari Queenrides, Jumat (28/10/2016).

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini