Ekspor Jadi Solusi Menyiasati Lesunya Pasar Sepeda Motor Dalam Negeri

Pius Mali, Jurnalis · Rabu 02 November 2016 21:15 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 02 15 1531419 ekspor-jadi-solusi-menyiasati-lesunya-pasar-sepeda-motor-dalam-negeri-YsnjNomtSW.jpg Ekspor menjadi cara yang dipilih pelaku bisnis sepeda motor untuk menyiasati pasar yang masih belum bergairah (Okezone)

JAKARTA - Menyiasati kondisi pasar sepeda motor nasional yang masih stagnan, pelaku bisnis sepeda motor tak hanya menjual produk di dalam negeri, tetapi mengembangkan pasar dengan mengekspor produk-produknya.

Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Gunadi Sindhuwinata mengatakan para pelaku bisnis memperluas jangkauan pasar luar negeri, baik Asia Pasifik maupun Eropa.

"Produk-produk kami yang diekspor sejak 2014 hingga tahun ini. Meningkat sangat signifikan. Sampai dengan September peningkatan mendekati 800 persen," ujar Gunadi di sela pameran Imos 2016 di JCC, Jakarta Selatan, Rabu (2/11/2016).

Ia menambahkan, peningkatan angka ekspor menunjukkan bahwa produk Indonesia sangat bersaing dan memiliki standar mutu yang dapat diandalkan.

"Tahun 2020, pemerintah mencanangkan ekspor 300 persen, tapi kami perkirakan ekspor kami mencapai 1.000 persen. Dalam kondisi pasar yang melambat, pasar ekspor sangat penting meskipun jumlahnya tidak besar. Pada tahun ini harapannya bisa mencapi 300 ribu unit," pungkas dia.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini